Bupati Mak Rini Resmikan Bank Pakan, Dorong Peternak Blitar Tingkatkan Kualitas Produksi

 

INDONESIAONLINE-Inovasi demi inovasi terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar untuk membawa Kabupaten Blitar menuju Maju Bersama Sejahtera Bersama. Terkini, Bupati Blitar Rini Syarifah meresmikan Bank Pakan di Kelurahan Nglegok Kecamatan, Nglegok, Jumat (14/10/2022).Peresmian Bank Pakan ini merupakan sebuah inovasi baru untuk mendorong para peternak dalam meningkatkan kualitas produksinya.

Dalam sambutannya Bupati Blitar Rini Syarifah mengatakan, pakan merupakan bagian penting dalam peternakan. Namun ketersediaannya kadang tergantung dengan kondisi cuaca, utamanya pakan jenis hijau-hijauan. Merespon kondisi tersebut, Pemkab Blitar melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) hadir membantu para peternak dengan mendorong didirikanya Bank Pakan. Bank Pakan akan membantu para peternak mendapatkan pakan baik secara jumlah maupun kualitas.

“Biasanya  para peternak hanya tergantung pakan di sekitar lingkungannya. Dan ini sangat tergantung cuaca, utamanya pakan hijauan. Inilah yang harus ada inovasi untuk membuat pakan awetan.  Sehingga apapun kondisinya,  tetap bisa memberi pakan yang berkualitas untuk ternaknya. Dengan Bank Pakan ini, para peternak cukup mengambil di gudang yang tersedia,” kata Mak Rini.

Dalam kesempatan ini orang nomor satu di Kabupaten Blitar juga mengecek langsung proses pembuatan pakan. Tak hanya itu, Mak Rini juga menjajal sendiri proses pembuatan pakan awetan.

“Jadi tadi saya sudah melihat sendiri memang pakannya bisa awet sampai satu tahun. Dan dijelaskan pula kalau pakan dari tumbuhan yang jadi pakan  awetan ini justru disenangi oleh sapi, karena aromanya lebih kuat,” tukasnya.

Sementara itu di kesempatan yang sama,  Kapala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar, Toha Mashuri mengatakan, Kabupaten Blitar memiliki tiga Bank Pakan. Masing-masing Bank Pakan itu dikelola oleh kelompok peternak di Kelurahan Nglegok dan Desa Bangsri Kecamatan Nglegok. Serta kelompok peternak di Desa Gadungan Kecamatan Gandusari.

Disnakkan Kabupaten Blitar mensuport Bank Pakan di ketiga kelompok peternakan itu dengan memberikan bantuan berupa mesin pemotong pakan dan peralatan penunjang lainnya.

“Mengingat pentingnya pakan dalam budidaya ternak maka para peternak diharapkan dapat memproduksi dengan mengoptimalkan bahan pakan lokal yang berkualitas namun terjangkau dan tersedia sepanjang tahun,” pungkas Toha.(Adv/Kmf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Gelar Lomba Kreasi Memasak, Cara Kreatif Koperasi Srikandi Sejahtera Angkat Telur Blitar

INDONESIAONLINE – Koperasi Srikandi Blitar Sejahtera menyelenggarakan lomba memasak olahan telur di…

Bupati Kediri Minta Pendidikan Pramuka Sebagai Ekstrakurikuler Wajib

INDONESIAONLINE  – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana meminta pendidikan pramuka dijadikan sebagai…