Cegah Inflasi, Bupati Blitar dan Forkopimda Salurkan BLT BBM di Kecamatan Bakung dan Sanankulon

INDONESIAONLINE-Bupati Blitar Rini Syarifah bersama-sama dengan Forkopimda dan kepala OPD terkait turun langsung membagikan BLT BBM kepada masyarakat, Rabu (26/10/2022). Di agenda ini Mak Rini menyerahkan simbolis BLT BBM di dua kecamatan masing-masing di Kecamatan Bakung dan Kecamatan Sanankulon.

Saat diwawancarai awak media, Bupati Blitar Rini Syarifah menyampaikan BLT BBM ini adalah bantuan yang sangat dibutuhkan masyarakat di tengah-tengah kondisi naiknya harga BBM. BLT BBM juga upaya pemerintah untuk meningkatkan daya beli masyarakat sebagai upaya mengantisipasi terjadinya inflasi nasional.

“BLT BBM resmi kita salurkan mulai hari ini kepada masyarakat. Bantuan ini sekali penyaluran per KPM (keluaarga penerima manfaat) mendapatkan 300 ribu. Dan semoga nanti bisa berkelanjutan,” kata Mak Rini.

Dalam kesempatan ini orang nomor satu di Kabupaten Blitar juga menyampaikan sejumlah pesan kepada warga yang menerima manfaat BLT BBM. Beberapa pesan diantaranya agar BLT BBM yang diperoleh agar digunakan untuk kebutuhan dasar. Bupati juga meminta agar KPM tidak menggunakan BLT BBM untuk membeli rokok.

“Jangan buat beli rokok ya, ingat itu. Saat ini BBM sedang naik. Gunakan bantuan ini untuk kebutuhan sehari-hari, bisa juga buat beli BBM karena tentu setiap hari butuh BBM untuk transportasi. Bisa juga untuk kebutuhan pertanian bagi yang profesinya tani. Intinya gunakan bantuan ini untuk kebutuhan yang benar-benar tepat sasaran,” tukasnya.

Penyaluran BLT BBM di Kabupaten Blitar diampu oleh Dinas Sosial. Saat diwawancarai awak media, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Blitar, Bambang Dwi Purwanto menerangkan di Kecamatan Bakung ada sekitar 400 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima BLT BBM. Sedangkan di Kecamatan Sanankulon ada sekitar 1.000 KPM yang menerima BLT BBM. Terkait teknis penyaluran BLT BBM, Dinas Sosial Kabupaten Blitar sudah mengatur jadwal bersama Bank Jatim.

“Kita sudah atur jadwal penyaluran BLT BBM bersama Bank Jatim. Bank yang memfasilitasi penyaluran BLT BBM melalui virtual account itu adalah Bank Jatim. Dan kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak atas peran sertanya mulai perencanaan hingga pelaksanaan sehingga penyaluran BLT BBM di Kabupaten Blitar berjalan dengan lancar sesuai dengan PMK 134 Tahun 2022,” kata Bambang.

Bambang menambahkan, di Kabupaten Blitar usulan awal penerima BLT BBM ada sebanyak 17.726 orang. Setelag diverifikasi oleh Dinas Kominfo, hasil final penerima BLT BBM di Kabupaten Blitar ada sebanyak 16.794  orang. Satu orang penerima mendapatkan bantuan BLT BBM sebesar Rp 300.000.

“Hasil verifikasi final, karena sebab-sebab tertentu, tidak memenuhi persyaratan atau kurang persyaratan, ada 16.794 KPM di Kabupaten Blitar yang menerima BLT BBM. Jumlah ini tersebar di 22 kecamatan di Kabupaten Blitar,” terangnya.

Lanjut Bambang menyampaikan, pihaknya menargetkan penyaluran BLT BBM di 22 kecamatan di Kabupaten Blitar tuntas sebelum tanggal 15 November 2022. “Dan untuk warga yang belum hadir dan sudah masuk penerima BLT BBM sesuai SK Ibu Bupati kami sampaikan nanti bisa mengambil di Bank Jatim. Imbauan ini bagi yang belum sempat datang ke tempat pengambilan yang telah dijadwalkan,” tukasnya.

Lebih dalam Bambang menyampaikan, Pemkab Blitar berharap BLT BBM sebesar Rp 300.000 ini bisa bermanfaat bagi warga masyarakat yang terdampak kenaikan harga BBM. Senada dengan Bupati Blitar, Bambang selaku Kepala Dinas Sosial juga meminta kepada penerima BLT BBM agar menggunakan bantuan yang diberikan untuk kebutuhan yang tepat sasaran.

“Program BLT BBM ini untuk menyikapi antisipasi terjadinya inflasi akibat kenaikan harga BBM. Sehingga kami menghimbau agar masyarakat benar-benar bijak dan tepat dalam menggunakan bantuan BLT BBM ini. Bantuan ini jangan digunakan untuk berfoya-foya. Dan pesan ibu bupati tadi jangan untuk beli rokok, tapi benar-benar digunakan untuk membeli kebutuhan dasar untuk keluarga masing-masing,” pungkasnya.(Adv/Kmf)

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Gelar Lomba Kreasi Memasak, Cara Kreatif Koperasi Srikandi Sejahtera Angkat Telur Blitar

INDONESIAONLINE – Koperasi Srikandi Blitar Sejahtera menyelenggarakan lomba memasak olahan telur di…

Wali Kota Sutiaji Terima Ijazah Kitab Ratibul Haddad dan Syawariqul Anwar dari KHR Achmad Azaim

INDONESIAONLINE – Wali Kota Malang Sutiaji menerima ijazah Kitab Ratibul Haddad dan…