Hasil Melimpah, Bupati Jember Apresiasi Petani Pisang dan Peternak Domba Desa Suco

INDONESIAONLINE – Budidaya buah pisang dan ternak kambing yang dilakukan oleh warga Desa Suco Kecamatan Mumbulsari Jember, mendapat apresiasi dari Bupati Jember H. Hendy Siswanto. Hal ini tidak lepas dari hasil yang melimpah di dua jenis usaha yang dilakukan warga itu.

Bahkan untuk budidaya pisang, warga di Desa Suco, perhari bisa mengirim 3 truk pisang ke beberapa daerah di luar Jember, seperti di Bali, Surabaya hingga Semarang Jawa Tengah. Tidak hanya dikirim mentahan, pisang-pisang tersebut juga dikirim dalam bentuk yang sudah olahan.

“Ini sangat bagus apa yang sudah dilakukan oleh warga Desa Suco ini, warga desa lainnya harus bisa meniru ini. Desa Suco bisa mengirim 3 truk buah pisang setiap harinya ke beberapa daerah di luar Jember. Istimewanya, pisang-pisang ini tidak hanya dikirim mentahan, tapi juga ada yang dikirim olahan jajanan, seperti kripik pisang cavendish,” ujar Bupati.

Tidak hanya pisang, ternak kambing domba di desa Suco juga mengalami perkembangan cukup bagus, dan ini bisa dijadikan platform pemberdayaan masyarakat. 

“Ini ternak kambing dombanya juga bagus, bisa menjadi platfom pemberdayaan masyarakat yang bisa ditiru oleh desa lain,” jelas Bupati.

Sementara Kepala Desa Suco Taufik Hidayat, menyatakan, bahwa penjualan pisang-pisang ke beberapa daerah di luar Jember, pangsa pasar atau prospeknya cukup bagus, sehingga bisa menambah penghasilan warga desanya.

“Pangsa pasar untuk kripik pisang cavendish, cukup bagus, selama ini warga mengirim ke Semarang Jawa Tengah, dan akan terus dikembangkan ke daerah-daerah lain, sambil kami melakukan terobosan-terobosan baru,” jelas Taufik. (*)

You May Also Like

Gelar Lomba Kreasi Memasak, Cara Kreatif Koperasi Srikandi Sejahtera Angkat Telur Blitar

INDONESIAONLINE – Koperasi Srikandi Blitar Sejahtera menyelenggarakan lomba memasak olahan telur di…

Wali Kota Sutiaji Terima Ijazah Kitab Ratibul Haddad dan Syawariqul Anwar dari KHR Achmad Azaim

INDONESIAONLINE – Wali Kota Malang Sutiaji menerima ijazah Kitab Ratibul Haddad dan…