Kukuhkan Anggota Paskibraka Kabupaten Blitar Tahun 2022, Ini Pesan Bupati Rini

INDONESIAONLINE- Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Blitar dikukuhkan Bupati Rini Syarifah di Pendapa Agung Ronggo Hadi Negoro, Selasa (16/8/2022). Anggota Paskibraka ini terpilih setelah menjalani proses seleksi yang cukup ketat. Mereka berasal dari pelajar SMA/sederajat di Kabupaten Blitar.

Pengukuhan ini juga dihadiri oleh Forum Komunikasi Daerah (Forkopimda) dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Asisten dan Staf Ahli Bupati di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar. Paskibraka yang dikukuhkan akan bertugas dalam upacara HUT Republik Indonesia tanggal 17 Agustus dan penurunan bendera merah putih yang dilaksanakan di Alun-alun Kanigoro.

Dalam sambutanya, Bupati Blitar Rini Syarifah mengucapkan selamat kepada anggota Paskibraka Kabupaten Blitar Tahun 2022. Dalam kesempatan ini Bupati juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pelatih, sehingga sukses menghantarkan anak-anak ini menjadi Anggota Paskibraka Kabupaten Blitar Tahun 2022.

“Anak-anak ini merupakan putra-putri terbaik Kabupaten Blitar yang telah dinyatakan lulus seleksi dengan berbagai proses dan tahapan yang harus dilalui. Dengan terpilihnya kalian sebagai Anggota Paskibraka menunjukkan bahwa kalian dinilai memiliki kemampuan lebih dibandingkan yang lain,” kata Bupati yang akrab disapa Mak Rini.

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar menambahkan, menjadi anggota Paskibraka merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi diri sendiri, orang tua, dan sekolah kalian. Oleh sebab itu, Mak Rini berpesan agar anggota Paskibraka Tahun 2022 melaksanakan amanat ini dengan sebaik-baiknya.

“Oleh karena itu, laksanakanlah amanat ini dengan sebaik-baiknya. Tunjukkan bahwa kalian memang layak dan pantas memegang kepercayaan sebagai anggota pasukan pengibar bendera.Jaga penuh kode kehormatan berupa “Dharma Mulia Putera Indonesia dan Ikrar Putera Indonesia”. Camkan dalam hati untuk kemudian aplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Mengingat kalian semua adalah contoh bagi teman-teman dan lingkungan,” tegas Bupati.

Dalam kesempatan ini Bupati Blitar juga menyampaikan sejumlah pesan kepada anggota Paskibraka Kabupaten Blitar Tahun 2022 yang dikukuhkan. Salah satu pesan penting, Mak Rini mengajak seluruh anggota Paskibraka yang usia pelajar agar bijak menggunakan teknologi.

 “Saya yakin, karena anak-anak ini bagian dari generasi Z, maka sudah tidak asing lagi dengan gadget canggih. Namun saya berpesan, gunakan fasilitas canggih tersebut untuk hal-hal yang bersifat positif. Jika memiliki medsos tolong digunakan dengan bijak, harus selalu sharing to share sehingga apa yang terpublish tidak melanggar aturan,” tukasnya.

Mak Rini juga mendorong agar anak-anak yang menjadi anggota Paskibraka dapat menjadi panutan bagi seluruh generasi muda khususnya teman sebaya dalam bermedsos.

“Dan saya minta anak-anak yang ada di sini menjadi contoh bagi yang lain, bijak bermedsos dan anti hoaks. Doa dan harapan kita, anak-anak seluruh Kabupaten Blitar sejak dini sudah dipersiapkan, dibentuk, dibina dan diarahkan supaya dapat berbuat dan berkarya dalam hal-hal positif. Karena nantinya yang meneruskan pengabdian kita yang sudah tua-tua ini adalah mereka,” imbuhnya.

Di kesempatan yang sama saat diwawancarai awak media, Kepala Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar, Suhendro  Winarso mengatakan Paskibraka Kabupaten Blitar yang dikukuhkan hari ini berjumlah 25 orang ditambah dua orang cadangan. Suhendro juga menegaskan, jumlah anggota Paskibraka ini sesuatu yang sangat lazim dan sudah sesuai dengan aturan yang ditetapkan Kemenpora RI.

“Sesuai dengan aturan yang ditetapkan Kemenpora, untuk formasi Paskibraka itu memang ada variasi-variasi. Ada yang formasi 17-8-45 dan ada yang formasi 17-8. Jadi itu sesuatu yang sangat lazim dan sudah sesuai aturan. Kondisi formasi harus kita perhitungkan melihat tempat digelarnya upacara. Untuk Pemkab Blitar, kami memilih formasi 17 dan 8, menyesuaikan dengan lokasi upacara yang nanti akan kita gelar di Alun-alun Kantor Bupati Blitar di Kanigoro,” terang Suhendro.

Lebih dalam Suhendro menyampaikan, dengan serangkaian persiapan matang pihaknya yakin dan optimis Paskibraka Kabupaten Blitar akan dapat bertugas dengan maksimal.

“Dengan doa seluruh warga Kabupaten Blitar, semoga adik-adik Paskibraka besuk bisa bertugas dengan nol kesalahan. Mereka akan bertugas mengibarkan bendera sang saka merah putih berkibar megah di Alun-alun Kanigoro,” pungkasnya.(Adv/Kmf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Gelar Lomba Kreasi Memasak, Cara Kreatif Koperasi Srikandi Sejahtera Angkat Telur Blitar

INDONESIAONLINE – Koperasi Srikandi Blitar Sejahtera menyelenggarakan lomba memasak olahan telur di…

Bupati Kediri Minta Pendidikan Pramuka Sebagai Ekstrakurikuler Wajib

INDONESIAONLINE  – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana meminta pendidikan pramuka dijadikan sebagai…