OVOP di Kecamatan Wlingi, Bupati Blitar Dorong Sektor Ekonomi UMKM Semakin Menggeliat

 

INDONESIAONLINE-Percepatan pembangunan ekonomi tengah menjadi fokus Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar. Ya, sektor perekonomian benar-benar digenjot pasca berlalunya pandemi Covid-19. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan program One Village One Product (OVOP).

Kali ini, program OVOP yang dikomandoi langsung Bupati Blitar Rini Syarifah hadir di Kecamatan Wlingi, Selasa (25/10/2022). Dalam agenda ini ada dua kelurahan yang dikunjungi Bupati Mak Rini dalam rangka program OVOP, masing-masing Kelurahan Tangkil dan Kelurahan Beru. Dalam agenda ini Bupati Blitar didampingi Kepala OPD terkait bertemu langsung dan memberikan edukukasi serta semangat kepada pelaku UMKM di wilayah setempat.

“Pemkab Blitar terus mendukung pertumbuhan ekonomi dimulai dari tingkat desa melalui program OVOP. OVOP ini adalah kegiatan yang rutin kami laksanakan dengan sambang desa setiap satu minggu sekali,” kata Mak Rini.

Dalam kesempatan ini Mak Rini mengapresiasi potensi produk UMKM dan olahan makanan yang ada di Kelurahan Tangkil. Beberapa produk yang dihasilkan di Kelurahan Tangkil diantaranya stainles, kerajinan tangan, sambel pecel, olahan kripik, minuman toga, batik, beras dan sayuran.

Melihat potensi ini, Mak Rini meminta OPD terkait untuk terus mengawal dan mendampingi pelaku UMKM. Diharapkan dengan pendampingan dan pembinaan berkelanjutan, kedepan para pelaku UMKM akan dapat terus berinovasi, meningkatkan kualitas produksi dan lebih sejahtera secara ekonomi.

“Saya minta OPD terkait untuk terus mengawal dan memberikan pendampingan. Untuk UMKM yang belum memiliki ijin agar segera mengurus karena banyak sekali manfaat yang didapat jika sudah mengantongi perizinan. Salah satunya kalau ada misi dagang produknya sudah lengkap ijin nanti bisa ikut pameran produk,” jlentreh orang nomor satu di Kabupaten Blitar.

Dalam agenda OVOP kali ini Mak Rini juga mengunjugi Kelurahan Beru yang memiliki segudang potensi UMKM. Beberapa produk UMKM yang dihasilkan Kelurahan Beru diantaranya

olahan kripik, minuman toga, sovenir, brownis, batik, beras. Sama seperti yang disampaikan di Kelurahan Tangkil, dalam kesempatan ini Mak Rini juga menghimbau kepada para pelaku UMKM yang ada di kelurahan Beru agar segera mengurus perizinan.

“Dengan mengantongi perizinan akan memudahkan produk untuk dipasarkan ke masyarakat secara luas. Ijinnya segera diurus, lalu kemasan produk ditingkatkan lagi terus berinovasi,” tukasnya.

Sebagai informasi, dalam kunjungan OVOP di Kecamatan Wlingi kali ini Bupati Mak Rini juga meninjau rumah UMKM budidaya nila, rumah produksi madu, bank sampah dan rumah kerajinan kayu.(Adv/Kmf)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Gelar Lomba Kreasi Memasak, Cara Kreatif Koperasi Srikandi Sejahtera Angkat Telur Blitar

INDONESIAONLINE – Koperasi Srikandi Blitar Sejahtera menyelenggarakan lomba memasak olahan telur di…

Wali Kota Sutiaji Terima Ijazah Kitab Ratibul Haddad dan Syawariqul Anwar dari KHR Achmad Azaim

INDONESIAONLINE – Wali Kota Malang Sutiaji menerima ijazah Kitab Ratibul Haddad dan…