Pimpinan DPRD Trenggalek Evaluasi Kondisi Keuangan, Minta Lebih Efisien Gunakan Anggaran

Situasi rapat pimpinan, di ruang Graha Paripurna DPRD Trenggalek

JATIMTIMESDPRD Trenggalek kembali gelar rapat pimpinan. Kali ini pucuk pimpinan DPRD Trenggalek giliran evaluasi kondisi keuangan. Pasalnya anggaran yang ada di DPRD Trenggalek jauh berkurang jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Hari ini kita evaluasi kondisi keuangan yang ada di DPRD. Kita tekankan prinsip lebih efesiensi terkait dengan penggunaan anggaran karena situasi perjalanan masih cukup panjang,” tutur Ketua DPRD Trenggalek, Samsul Anam usai pimpin rapat evaluasi, Rabu (9/2/2021).

Dijelaskan Samsul bahwa anggaran yang ada di tubuh DPRD Trenggalek berkurang dari tahun kemarin. Pihaknya juga minta pada seluruh anggota DPRD Trenggalek untuk lebih efisien menggunakan anggaran. Samsul juga minta Sekretaris DPRD untuk membuat asumsi penghematan. 

“Jadi misalnya ketika ada kunjungan kerja jangan sampai ada pemborosan seperti pembiayaan hotel, maupun pembiayaan lainnya. Sehingga dengan anggaran yang sedikit ini bisa kita gunakan sampai akhir tahun,” tambahnya.

Polisi asal Partai Kebangkitan Bangsa ini juga minta seluruh Alat Kelengkapan Dewan untuk meningkatkan fungsi pengawasan, terlebih dalam penggunaan anggaran di daerah. Menurutnya, mumpung masih awal tahun, fungsi pengawasan harus dimaksimalkan sedini mungkin. 

“Kemarin kami sepakat akan menghidupkan kembali kunker daerah. Artinya kami akan kembali meningkat kunjungan kerja ke wilayah-wilayah di Trenggalek. Dengan harapan semua permasalahan yang ada di daerah bisa segera disesuaikan,” tuturnya. 

Diperjelas Samsul, pihak DPRD Trenggalek minta tingkatkan fungsi pengawasan ketika pelaksanaan APBD sudah berjalan. Hal tersebut agar Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah yang dirancang Bupati Trenggalek bisa berjalan sesuai yang diharapkan.

“Jadi kita dorong agar fungsi pengawasan terutama di daerah lebih intensif. Asumsi kita, RPJMD yang masuk tahun kedua ini bisa berjalan mulus sampai 5 tahun ke depan dan berjalan sesuai harapan kita semua,” pungkas Samsul Anam.



Ganez Radisa Yuniansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Gelar Lomba Kreasi Memasak, Cara Kreatif Koperasi Srikandi Sejahtera Angkat Telur Blitar

INDONESIAONLINE – Koperasi Srikandi Blitar Sejahtera menyelenggarakan lomba memasak olahan telur di…

Bupati Kediri Minta Pendidikan Pramuka Sebagai Ekstrakurikuler Wajib

INDONESIAONLINE  – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana meminta pendidikan pramuka dijadikan sebagai…