Disupport Bank Jatim, Bupati Blitar Lepas 25 Siswa SMK Magang dan Studi di Negara Jepang

INDONESIAONLINE-Bank Jatim mendukung penuh upaya pemerintah mewujudkan lahirnya generasi emas. Terkini, di momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022, Bank Jatim Kantor Cabang Blitar memberikan support kepada pelajar SMK asal Kabupaten Blitar untuk magang dan menimba ilmu di negara Jepang. Keberangkatan para pelajar SMK Blitar ke Jepang ini difasilitasi oleh PT Alza Afan Berkah.

Pantauan INDONESIAONLINE, sebanyak siswa-siswi  SMK diterima dan dilepas oleh Bupati Blitar Rini Syarifah di Pendapa Sasana Adi Praja Kanigoro, Jumat (28/10/2022) usai upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94. Hadir dalam agenda ini Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Pemimpin Bank Jatim Kantor Cabang Blitar beserta staff dan Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Blitar.

Komisaris dan Pimpinan Manajemen PT Alza Afan Berkah, Heru Cahyono, menyampaikan para siswa SMK ini akan magang sambil sekolah di negara Jepang. Para siswa akan berangkat hari Senin 31 Oktober 2022. Total ada 25 orang siswa yang akan berangkat ke Negeri Sakura. Mereka adalah pelajar dari beberapa sekolah diantaranya SMKN 1 Blitar, SMKN 1 Nglegok dan SMK PGRI Wlingi.

“Kami memfasilitasi menyambungkan para siswa dengan sekolah dan perusahaan yang ada di Jepang. Mereka akan magang sambil sekolah di Jepang. Nah, untuk perusahaanya yang menentukan adalah sekolah. Mereka para siswa dikasih pilihan, apakah di pertanian, manufaktur atau di pertokoan seperti Alfamart atau Indomaret. Mereka akan berada di Jepang selama dua tahun,” kata Heri.

Yang menarik, setelah selesai magang dan sekolah di Jepang, para siswa bisa memilih untuk pulang atau melanjutkan karier di negara Jepang. Selain itu mereka juga diberikan pilihan lain untuk melanjutkan kuliah di jenjang D3 atau S1.

“Gaji magang di Jepang biasanya perjam. Anak-anak ini kan part time, karena mereka juga harus sekolah. Mereka kan 4 jam sekolah bahasa Jepang, 4 jam sisanya itu mereka magang atau bekerja. Gajinya itu sekitar 1.100 yen sampai  1.300 yen, kalau dirupiahkan dengan kurs rupiah sekarang sekitar 120 ribu per jam,” terang Heri.

Kerja keras PT Alza Afan Berkah yang peduli dengan dunia pendidikan mendapatkan support dari Bank Jatim. Pemimpin Bank Jatim Kantor Cabang Blitar, Subeki, menyampaikan Bank Jatim sudah menjalin komitmen kerjasama dengan PT Alza Afan Berkah. Dengan komitmen ini, Bank Jatim memberikan bantuan kepada pelajar SMK dari Blitar yang magang dan studi di negara Jepang.

Beberapa support dari Bank Jatim Kantor Cabang Blitar untuk 25 orang pelajar itu diantaranya pembiayaan pelatihan, pengurusan paspor, pengurusan visa dan pengurusan ijin tinggal di negara Jepang.

“Pada saat pendidikan dan keberangkatan mereka ini kan ada biaya yang harus dikeluarkan. Nah, ini semuanya kita biayai dulu. Dan kemudian nanti setelah mereka sudah bekerja disana, mereka pasti ada hasil. Nah, gajinya itu nanti akan dimasukkan di rekeningnya Bank Jatim, dan itu salah satunya digunakan untuk mengangsur biaya yang sudah kita biayai tadi. Kita supportnya kesana, untuk fasilitas dan pemberangkatan mereka ke Jepang,” kata Subeki.

Sinergitas untuk dunia pendidikan yang dilakukan Bank Jatim Kantor Cabang Blitar dan PT Alza Afan Berkah mendapat apresiasi tinggi dari Blitar Rini Syarifah. Dalam kesempatan ini Bupati Mak Rini menyampaikan sejumlah pesan. Diantaranya dirinya berpesan agar anak-anak dapat menjaga dan membawa nama baik Kabupaten Blitar.

“Selain jaga nama Baik Kabupaten Blitar, saya juga berharap anak-anak yang magang dan studi ke Jepang dapat memperkenalkan potensi dan produk Kabupaten Blitar. Seperti produk UMKM, bisa diperkenalkan kepada kelompok, komunitas dan orang lokal Jepang. Dan saya juga berharap mereka bisa menjadi influencer, perkenalkan potensi wisata kita agar orang-orang Jepang berkunjung ke Kabupaten Blitar,” pungkas Rini.(Adv/Kmf)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Penerima Beasiswa Banyu Urip 2022 Dilatih Kepemimpinan dan Karir

INDONESIAONLINE – ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bermitra dengan Forum Taman Bacaan Masyarakat…

Wali Murid SDN 1 Bungur Ceritakan Sosok Guru Terbaik di Sekolah: Tak Urus Soal Polemik Rebutan Kelas

INDONESIAONLINE – Seperti suasana sekolah lainnya, di SD Negeri Bungur 1, Kecamatan…