UIN Malang Jadi Contoh Banyak PTKIN, Dijuluki Suhunya Suhu

INDONESIAONLINE – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menjadi kampus tersohor yang dijadikan contoh banyakk perguruan tinggi, terutama Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Bahkan, kampus berlogo Ulul Albab ini mendapatkan julukan sebagai suhunya suhu UIN.

Hal itu diungkapkan Direktur Pascasarjana Prof Dr TGH. Fahrurrozi MA UIN Mataram, saat menyambut kehadiran peserta benchmarking UIN Maliki Malang. Menurutnya, UIN Mataram banyak mendapatkan inspirasi atau pengalaman dari UIN Malang sebagai assabiqunal awwalun dari UIN di Indonesia. UIN Malang menjadi contoh bagi banyak UIN lain.

“UIN Malang menjadi suhunya UIN-UIN yang lain, didalamnya ada UIN Mataram. Sesuai dengan nama UIN Malang yaitu UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Sunan Maulana Malik Ibrahim adalah walinya para wali, sunannya para sunan dan hal ini melekat pada UIN Malang,” jelasnya.

Meskipun demikian, tentu, sebuah keniscayaan untuk saling menyempurnakan, baik UIN Malang maupun UIN Mataram bersama-sama berusaha berkembang dan meningkatkan ekspektasi akademik dan ekspektasi masyarakat.

“Di antaranya membuka prodi baru magister dan doktoral, peningkatan penelitian kolaboratif agar motivasi bersama dalam akselerasi guru besar tetap terealisasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Prof Dr H Wildana Wargadinata Lc MAg Kaprodi S2 Bahasa dan Sastra Arab (BSA), menyampaikan, benchmarking yang dilakukan ke UIN Mataram itu merupakan salah satu bentuk upaya untuk menggenjot kemajuan segala aspek yang ada di kampus. Meski secara usia UIN Malang lebih senior dari UIN Mataram, bahkan dosen UIN Mataram banyak yang terlahir dari UIN Malang, namun banyak hal baru yang bisa digali dan didapatkan dari UIN Mataram.

“Setiap interaksi akan memberikan nilai tambah sehingga kami tidak pernah bosan datang bershilaturrahim dan bershilatul ilmi ke UIN Mataram ini,” jelas Prof Wildana.

Dalam benchmarking ini, tentunya dilakukan diskusi membahas hal-hal strategis untuk kemajuan lembaga, bertukar pengalaman hingga menjalin kolaborasi yang ditindaklanjuti dengan kerjasama.

Sebagai informasi, dalam kegiatan benchmarking itu, Tim UIN Maliki Malang, dipimpin oleh Prof Dr H Wildana Wargadinata, Lc MAg, selaku Kaprosi S2 BSA, bersama para anggota Dr H Sutaman MA Kaprodi S3 PBA; Dr Samsul Susilawati MPd Kaprodi S2 PGMI; Dr M Fahim Tharaba, MPdI Kaprodi S2 MPI; Dr Laily Fitriani MPd Sekprodi S2 BSA; Dr Muhammad, MThI Sekprodi S3 HKI; Edy Wasno bagian Keuangan, M Izzun Ni’am MT bagian akademik; dan Adfriya Hajar Kurniawan Satata Bagian Umum.

Kedatangan tim UIN Maliki Malang, disambut Direktur Pascasarjana Prof Dr TGH. Fahrurrozi MA didampingi Wakil Direktur Prof Moh Abdun NasirnMAg MA dan dihadiri pula oleh para Kaprodi dan Sekprodi di lingkungan Pascasarjana UIN Mataram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Penerima Beasiswa Banyu Urip 2022 Dilatih Kepemimpinan dan Karir

INDONESIAONLINE – ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bermitra dengan Forum Taman Bacaan Masyarakat…

Wali Murid SDN 1 Bungur Ceritakan Sosok Guru Terbaik di Sekolah: Tak Urus Soal Polemik Rebutan Kelas

INDONESIAONLINE – Seperti suasana sekolah lainnya, di SD Negeri Bungur 1, Kecamatan…