UIN Malang Kian Mendunia, Konferensi IGCT Ke-12 Bertabur Pembicara Internasional

INDONESIAONLINE – Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang kembali menggelar International Conference Green Technology (ICGT) ke-12 yang diselenggarakan di Savana Hotel Malang, Rabu (26/10/2022).

Kegiatan yang tentunya semakin mendorong reputasi internasional UIN Maliki Malang ini, mengusung tema, “Empowering Innovative Science and Technology for Future Enviromental Perspective”.

Konferensi internasional yang akan berlangsung dua hari hingga Kamis (27/10/2022) ini, menghadirkan lima narasumber dari lintas negara, yaitu Prof Hadi Susanto dari Khalifa University Uni Emirat Arab; Prof Taufik dari California Polytechnic State University Amerika Serikat; Dr Ing Wahyudi Hasbi dari BRIN; Prof. F. J. S Wijsen dari Radboud University Netherlands dan Prof Indah Emilia Wijayanti dari UGM.

Selain itu, juga terdapat empat narasumber pleno yaitu Dr Nappadon Kitana dari Chulalongkorn University Thailand; Dr Sitti Maesuri Patahuddin dari University of Canberra Australia; Dr Sri Harini dan Dr Erna Hastuti dari UIN Malang.

Forum Grup Disscusion (FGD) ICGT ke-12, dibuka langsung oleh Rektor UIN Malang Prof Dr M Zainuddin MA. ICGT merupakan forum diskusi tahunan untuk membina interaksi antara peneliti, ilmuan, akademisi terkait pengembangan green technology inovatif untuk menciptakan solusi pada pemberdayaan lingkungan.

Konferensi ini dijelaskan Prof Zain, sapaan akrabnya, menjadi salah satu upaya dalam mempromosikan UIN Malang menuju kampus berkelas internasional di kancah dunia.

“Konferensi internasional ini salah satu upaya kami untuk mewujudkan word class university­ sesuai dengan visi-misi UIN Malang,” paparnya.

Lebih lanjut, para pembicara pada konferensi internasional ini menyampaikan materi  seputar pemberdayaan inovasi-inovasi yang berhubungan dengan sains dan teknologi. Hal ini sebagaimana tema yang diusung, yakni tentang pemberdayaan inovasi teknologi lingkungan untuk masa depan.

“Forum ini merupakan bagian dari kepedulian kami terhadap kontribusi ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing bangsa di Indonesia. Semoga kita semua dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi kemajuan bangsa di masa depan,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam rangkaian kegiatan, juga diisi dengan sesi presentasi hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan oleh seluruh peserta nasional dan internasional, dimana mereka telah tergabung dalam event ICGT 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Penerima Beasiswa Banyu Urip 2022 Dilatih Kepemimpinan dan Karir

INDONESIAONLINE – ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bermitra dengan Forum Taman Bacaan Masyarakat…

Wali Murid SDN 1 Bungur Ceritakan Sosok Guru Terbaik di Sekolah: Tak Urus Soal Polemik Rebutan Kelas

INDONESIAONLINE – Seperti suasana sekolah lainnya, di SD Negeri Bungur 1, Kecamatan…