Bupati Tulungagung Tinjau Lokasi Bencana Alam Angin Puting Beliung di Desa Sukorejo

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo saat meninjau salah satu rumah warga di Desa Sukorejo, Kecamatan Karangrejo yang terdampak bencana angin puting beliung, Selasa (18/1/2022) (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES – Hujan deras disertai angin puting beliung menerjang kawasan Dusun Temon, Desa Sukorejo, Kecamatan Karangrejo. Bencana alam angin puting beliung yang terjadi Senin (17/1/2022) siang itu menyebabkan 2 (dua) rumah warga setempat mengalami rusak berat dan beberapa rumah lainnya mengalami kerusakan ringan di bagian atap dan dinding.

Untuk memastikan kondisi bencana alam itu, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo bersama jajaran Forkopimda dan stakeholder terkait mengunjungi lokasi bencana alam yang menimpa wilayahnya itu, Selasa (18/1/2022).

Hasil tinjauan di lapangan, ditemukan 2 (dua) rumah warga mengalami kerusakan berat, yakni rumah milik warga RT/RW 01/01 bernama Rohmat. Serta rumah milik warga RT/RW 02/01 bernama Kemah. 

Maryoto Birowo mengatakan, atas bencana alam yang terjadi, pihaknya saat ini masih melakukan pendataan dampak kerusakan rumah maupun fasilitas umum akibat bencana angin puting beliung tersebut. Pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah kerugian atas bencana tersebut. 

“Bencana puting beliung yang melanda tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Hanya kerusakan material yang mana akan segera ditindaklanjuti oleh perangkat daerah dan stakeholder terkait,” ucap Maryoto.

Untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam, Maryoto mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada. Terlebih akhir-akhir ini curah hujan semakin intens. Selain itu, dirinya juga menyarankan agar dibentuk mandor lurah untuk melakukan sinergi dengan masyarakat dalam hal penanganan dan pengelolaan bencana alam. Selain meninjau lokasi bencana, Maryoto juga menyerahkan bantuan sosial kepada warga yang terdampak bencana angin puting beliung.



Muhamad Muhsin Sururi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Selesai Dibangun, Bupati Resmikan Gedung Utama Sarja Arya Racana dan Kantor Satreskrim Polres Tulungagung 

JATIMTIMES – Renovasi  Mapolres Tulungagung, yaitu gedung utama Sarja Arya Racana dan…

Ferdy Sambo Terlibat Dugaan Pembunuhan Berencana, Kapolri Bubarkan Satgassus Polri

INDONESIAONLINE – Bareskrim Polri telah menetapkan mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan…