Gempa 5,1 SR Guncang Jember, Warga Berhamburan

JATIMTIMES – Gempa dengan kekuatan 5,1 Magnitudo kembali guncang Kabupaten Jember, Kamis (16/12/2021) pagi sekitar pukul 06.02 WIB. meski pusat gempa yang berada di laut 42 km barat daya Kabupaten Jember dengan kedalaman 10 km ini tidak berpotensi Tsunami, namun peristiwa ini membuat warga di Kabupaten Jember berhamburan keluar rumah.

Belum diketahui dampak dari gempa ini. Namun beredar foto dan video yang menyebutkan jika gempa tersebut mengakibatkan beberapa rumah warga di Desa Sumberjo Ambulu Jember mengalami kerusakan berat dan ringan.

Bahkan ada salah rumah warga yang genteng (atapnya) hancur semua. Beberapa rumah juga mengalami keretakan, serta ada warga yang mengalami luka karena tertimpa atap yang jatuh.

“Iya mas, itu di Sumberjo Ambulu, akibat dari gempa tadi pagi, tidak ada korban jiwa, beberapa rumah mengalami kerusakan berat dan ringan, dan 1 warga yang terluka ringan di kakinya karena kejatuhan  genteng,” ujar Suminto.

Sementara Fifin, warga yang tinggal di Perumahan Graha Citra Mas Tegal Besar Kaliwates Jember, mengatakan dirinya merasakan getaran gempa yang sangat kuat, hingga dirinya harus lari keluar rumah.

“Getarannya sangat kuat meski hanya beberapa detik, dibandingkan gempa yang terjadi pada dua hari lalu, lebih terasa sekarang,” ujar Fifin.

Belum ada keterangan resmi dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember terkait dampak gempa pada Kamis pagi. Namun dari penelusuran media ini, gempa dengan kekuatan 5,1 Magnitudo tidak hanya dirasakan di Kabupaten Jember, tapi beberapa daerah juga merasakan, diantaranya Bali, Banyuwangi, Malang, Lumajang dan Bondowoso.



Moh. Ali Mahrus

9 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Selesai Dibangun, Bupati Resmikan Gedung Utama Sarja Arya Racana dan Kantor Satreskrim Polres Tulungagung 

JATIMTIMES – Renovasi  Mapolres Tulungagung, yaitu gedung utama Sarja Arya Racana dan…

Ferdy Sambo Terlibat Dugaan Pembunuhan Berencana, Kapolri Bubarkan Satgassus Polri

INDONESIAONLINE – Bareskrim Polri telah menetapkan mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan…