Pulang KKN di Papua, Mahasiswa UIN Malang Bikin Buku Catatan Pengabdian di Bumi Cendrawasih

INDONESIAONLINE – Catatan Pengabdian di Bumi Cendrawasih. Itulah judul buku yang ditulis mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki ) Malang.

Buku tersebut ditulis oleh Mirel Imelda Sasella bersama dengan 15 mahasiswa lainnya yang tergabung dalam kelompok pengabdian Kuliah Kerja Nyata Kolaborasi Nusantara Moderasi Beragama (KKN KNMB) di Arsopuro, Kabupaten Keram, Provinsi Papua.

Buku tersebut berisi sejumlah pengalaman selama 40 hari mengikuti KKN KNMB di Papua yang membawa misi “Bakti untuk Papua”.

Imelda mengatakan,  buku ini merupakan catatan pengabdian ia bersama kelompoknya dengan berbagai pengalaman menarik yang dialami. Buku ini juga menjadi rekam jejak akademik dan kegiatan KKN KNMB dan juga menjadi sebuah bukti pertanggungjawaban kepada institusi maupun masyarakat.

“Buku ini berisi catatan pengabdian kami, sekaligus sebagai bukti bhakti kami untuk Papua,” melalui rilis dalam laman Fakultas Humaniora.

Ketua Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Dr Abdul Basid menyampaikan rasa bangga atas karya mahasiswa tersebut. Karya ini tentunya akan semakin melengkapi dari ratusan karya mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Arab lainnya.

Basid juga menyampaikan agar para mahasiswa terus berkarya dan dapat menginspirasi dan memotivasi mahasiswa lainnya untuk juga berkarya dan memberikan sumbangsih yang bermanfaat.

“(Buku) ini karya yang baik mengawali tahun 2023 ini. Semoga bisa menginspirasi mahasiswa lainnya untuk berkarya,” ucapnya.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Humaniora Dr Galuh Nur Rohmah turut mengapresiasi karya buku dari mahasiswa ini. Menurut dia, karya ini merupakan cerminan dari sudut pandang yang moderat, serta memiliki kesadaran beragama di tengah realitas budaya interkultural.

Fakultas Humaniora sendiri terus memegang semangat kampus merdeka, dengan memberikan kebebasan atau ruang untuk mahasiswa dalam mengekspresikan dirinya di luar kampus. Hal ini tentunya dilakukan dengan berbagai program strategis yang menunjang dalam mendongkrak softskill mahasiswa.

“Selamat bagi Mirel atas terbitnya buku Catatan Pengabdian di Bumi Cendrawasih ini,” ujarnya.

Untuk diketahui, program KKN KNMB dilaksanakan pada 17 Juli sampai 26 Agustus 2022. Dalam program tersebut, mengusung tema Moderasi Beragama (Praktik Beragama yang Moderat, Adil, Seimbang, Tidak Memaksa dan Toleransi).

Dalam kegiatan KKN yang dilakukan, tim KKN membentuk sebuah taman baca bernama “Pojok Moderasi”. Taman ini dibentuk untuk melakukan pendampingan belajar dan juga memberikan wawasan, pemahaman terkait nilai moderasi terhadap para pelajar. (as/hel)