TNI-Polri dan BPBD mobil yang rusak akibat puting beliung.(Foto : Humas Polres Blitar Kota)

INDONESIAONLINE – Hujan deras disertai angin puting beliung dilaporkan menerjang wilayah Desa Kolomayan, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar, Jumat (28/1/2022). Peristiwa ini mengakibatkan kerusakan 15 unit rumah dan dua unit mobil.

Informasi yang dihimpun JATIMTIMES, meski menyebabkan kerusakan material namun peristiwa ini tidak mengakibatkan korban jiwa. Adapun kerusakan rumah warga masuk kategori ringan hingga berat. Kerusakan rumah rata-rata diakibatkan pohon tumbang.

Tak hanya kerusakan rumah, hujan deras dan angin puting beliung kali ini juga mengakibakan dua unit mobil milik warga setempat mengalami kerusakan. Dua mobil tersebut ringsek tertimpa pohon tumbang saat diparkir di teras halaman rumah.

Aparat TNI-Polri bertindak cepat dalam merespons peristiwa ini. Anggota Polres Blitar Kota, Kodim 0808/Blitar dan BPBD Kabupaten Blitar langsung terjun ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi.  Kapolres Blitar Kota, AKBP Argowiyono mengatakan, meski menyebabkan kerusakan namun tidak ada laporan korban jiwa dalam kejadian tersebut. Puluhan anggota TNI-Polri dan BPBD yang diterjunkan ke lokasi langsung membantu warga membersihkan sisa-sisa bencana.

Baca Juga  Peringatan Malam 1 Suro, Polres Kediri Lakukan Penyekatan Titik Rawan

“Laporan yang masuk ke kami tidak ada korban jiwa. Kami bersama Kodim 0808/Blitar dan BPBD Kabupaten Blitar begitu menerima laporan langsung menerjunkan personel untuk memastikan ada tindakan cepat untuk meringankan warga yang mengalami musibah,” kata Argo.

Pohon-pohon yang tumbang akibat hujan deras dan puting beliung sempat menutupi akses jalan. Polisi, TNI dan BPBD langsung melakukan evakuasi sehingga jalan kembali bisa dilalui warga yang beraktivitas.

“Kami langsung lakukan evakuasi, sehingga akses jalan saat ini dipastikan sudah kembali normal. Kami menghimbau kepada warga yang berativitas di luar maupun dalam rumah untuk senantiasa waspada dan hati-hati karena belakangan ini terjadi cuaca buruk,” pungkas orang nomor satu di Polres Blitar Kota.

Baca Juga  Selain Sopir, 3 Korban Meninggal Kecelakaan Jalur Bromo Duduk di Sisi Kiri



Aunur Rofiq