Sering Susah Tidur? Ini 5 Kebiasaan untuk Atasi Insomnia 

INDONESIAONLINE – Sering mengalami kesulitan tidur di malam hari? Gangguan tidur atau insomnia dapat menjadi masalah yang mengganggu kesehatan dan kualitas hidup kamu secara keseluruhan.

Dokter jmum GWS Medika dr Bandoro menjelaskan ada beberapa kebiasaan sederhana yang dapat membantu kamu mengatasi masalah gangguan tidur. Berikut ini lima tips efektif dilansir Instagram @bandoromd untuk membantu kamu tidur lebih nyenyak di malam hari. Dengan mengikuti saran ini, kamu dapat meningkatkan kualitas tidur dan meraih istirahat yang lebih baik setiap malam.

1. Terpapar Matahari Segera setelah Tidur

Jam internal atau biologis seseorang diatur oleh sekelompok sel saraf, bernama suprachiasmatic nucleus (SCN). Input-nya langsung dari mata. Jadi, dapat sinar matahari segera setelah bangun, pasti jam internal ini dapat sinyal yang tepat. Jadinya otak akan tahu kapan harus terjaga dan kapan harus ngantuk.

Mengapa harus terpapar matahari? Sebab, tidak ada satu pun cahaya ruang yang sekuat cahaya matahari. Bahkan saat mendung.

2. Olahraga Bersamaan dengan Dapat Matahari Pagi 

Olahraga bisa memicu kenaikan kortisol yang optimal di pagi hari. Kortisol yang optimal di pagi hari akan memberi umpan balik negatif ke otak. Alhasil produksi kortisol malam akan turun dan melatonin naik secara optimal. Jadi, untuk mulai tidur akan lebih gampang.

3. Meditasi sebelum Tidur 

Kamu tahu mengapa otak mikir keras sebelum tidur? Rupanya, kata Bandoro, jawabannya adalah terlalu banyak stimulasi. Stimulasi itu bisa didapat dari berbagai informasi di TikTok, YouTube, Netflix dan lainnya.

Oleh karenanya, meditasi akan membantu kamu meriset semuanya. Alhasil otak akan lebih rileks dan lebih gampang tidur.

4. Lengkapi Kebutuhan Nutrisi Makro dan Mikro

Untuk melengkapi kebutuhan makro nutrisi, kamu bisa memperbanyak protein hewani. Selain itu, kamu juga minimalisasi gula dan karbohidrat. Serta hindari ultraprocessed food seperti keripik dan biskuit.

Menurut Bandoro, kualitas tanah dan variasi diet yang memburuk membuat seseorang harus menambah beberapa hal untuk melengkapi kebutuhan nutrisi mikro. Di antaranya, multivitamin, mineral, vitamin D, Omega 3, dan propolis.

5. Hindari Kopi

Menghindari minum kopi atau minuman berkafein lainnya setidaknya enam jam sebelum tidur dapat membantu tubuh kamu untuk bersantai dan mempersiapkan diri untuk tidur. Selain itu, mengurangi intensitas latihan fisik setelah jam delapan malam juga direkomendasikan, karena latihan yang intens dapat meningkatkan denyut jantung dan membuat sulit bagi tubuh untuk bersantai sebelum tidur.

Dengan mengikuti saran-saran dari dokter Bandoro di atas, kamu dapat membantu tubuh untuk memasuki kondisi yang lebih tenang dan siap untuk tidur di malam hari. Sehingga kamu bisa tidur lebih nyenyak dan mendapatkan istirahat yang memadai. (bin/hel)