INDONESIAONLINE – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan telah berikhtiar dan siap lahir batin untuk maju di Pilpres 2024 mendatang. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini masih memilih partai yang akan mengusungnya kelak.

“Lahir batin sudah siap (maju Pilpres). Masalah nanti warnanya (partai) apa, itu Allah yang tentukan,” kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil juga menuturkan bahwa dirinya terus melakukan komunikasi dengan semua partai. Ia menyampaikan pilihan partainya itu akan disampaikan nanti.

“Yang saya pegang adalah pasti yang sangat konsisten memperjuangkan Pancasila. Tidak hanya di AD/ART. Semua di AD/ART-nya kan begitu (memperjuangkan Pancasila), tapi track record-nya pasti akan jadi dasar saya berlabuh,” kata Ridwan Kamil. 

Menurutnya, selama ini memang banyak yang memberikan doa dan dukungan untuk menjadi capres pada Pilpres 2024. Namun, saat ditanyakan mengenai pasangan untuk maju dalam pilpres, Ridwan Kamil menyinggung soal ‘kawin paksa’. 

Ia kemudian mengatakan nama-nama calon pasangannya tidak jauh dari tokoh yang muncul dalam lembaga survei.

“Dalam politik praktis jodoh politik itu tidak pernah pilihan penganten, semua kawin paksa. (Yang cocok jadi pasangan capres) ya yang ada di survei-survei lah,” kata Ridwan Kamil. 

Seperti diketahui, Ridwan Kamil sendiri kerap kali muncul di lembaga survei Pilpres 2024. Selain Ridwan Kamil, muncul pula nama Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan hingga Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

Namun, sayangnya Ridwan Kamil enggan membeberkan sosok pasti yang akan mendampinginya kelak di Pilpres 2024. 

(des/pit)