INDONESIAONLINE – Pengamat politik Rocky Gerung memberikan tanggapannya soal nama-nama yang mencuat sebagai calon pemimpin Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Salah satu nama calon pemimpin IKN yang disorot Rocky adalah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. 

Bagi Rocky, jika Ahok benar memimpin IKN, publik akan menilai itu sebagai ajang dendam lama. Oleh karena itu, Rocky malah menyarankan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang jadi Kepala Otorita IKN. 

Ia menilai Anies, lebih paham dan mengerti soal pindah IKN

“Di belakang, orang itu ingat lagi kenapa Ahok lagi. Problemnya waktu, dengan Ahok orang ingat lagi, ini dendam supaya ledek Anies. Kalau mau masuk akal, Anies saja pindahin saja ke sana,” beber Rocky. 

Baca Juga  Beda Sikap Anies-Muhaimin dan Nasdem Hadapi Hasil Pilpres 2024

Menurutnya, jika Ahok diusulkan jadi kepala otorita akan mengingatkan publik akan luka lama.

“Ahok muncul, (dianggap) dendam lama yang coba dipulihkan. Ada semacam keangkuhan, dulu kita (kubu Ahok) kalah, maka kita jadikan lagi Ahok. Jadi ini bangkitkan lagi sentimen, yang dasarnya primordial,” kata Rocky. 

Ia juga mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) seharusnya memilih putra putri daerah untuk dijadikan Kepala Otorita IKN. Kendati demikian, menurut Rocky, Jokowi kurang paham akan hal itu.

Jokowi dinilai tidak melirik sosok pemimpin atau tokoh daerah dalam mengelola IKN.

“Jokowi nggak punya wawasan, pembisiknya mesti yang dikasih tahu, tapi kan itu oligarki pembisiknya. Jadi pemimpin otorita itu siapa atau apa, itu ternakan oligarki,” tandas Rocky.

Baca Juga  Viral Banyak Caleg Dapat Stempel "Tersangka Penusukan Pohon"



Desi Kris