JATIMTIMES Bagi sebagian orang, adanya praktik pesugihan dipercaya mampu mendatangkan rezeki berlimpah dalam waktu singkat. Untuk mengikuti hal tersebut, berbagai ritual pesugihan pun harus dilakukan. 

Bahkan, si pelaku harus menyerahkan tumbal sebagai syarat pesugihan. Contohnya pesugihan kandang bubrah yang mewajibkan pelakunya melakukan renovasi rumah secara berkala.

Namun siapa sangka, dalam tradisi Jawa ada warna-warna tertentu yang mampu mendatangkan rezeki loh. Itulah mengapa orang-orang zaman dahulu gemar mengubah warna cat dinding rumah agar aura rezeki semakin meningkat.

Dilansir dari kanal YouTube ESA Production, ada 5 warna yang mampu mendatangkan rezeki dan aura positif pada rumah, berikut ulasannya: 

1. Biru Muda

Menurut ahli spiritual dan kejawen, Mbah Yadi, warna terbaik yang mampu mendatangkan rezeki dan aura positif yakni biru muda. Warna ini secara psikologi memberi kesan tenang dan damai.

Baca Juga  Masjid Agung Sheikh Zayed: Mahakarya Arsitektur Islam di Abu Dhabi

“Seumpama sudah bekerja di luar dengan pikiran yang semrawut, saat masuk ke rumah maka pikiran akan tenang dan damai. Setelah pikiran menjadi tenang dan damai maka energi rezeki akan mudah masuk ke dalam rumah.” kata Mbah Yadi.

2. Hijau

Kedua warna yang mampu mendatangkan rezeki adalah warna hijau. Warna hijau dipercaya mendatangkan keberuntungan dan membawa rezeki. 

Warna ini sangat selaras dengan elemen kayu. Secara psikologis, warna hijau melambangkan kemakmuran dan mampu memberi efek nyaman.

“Paling bagus lagi kalau warna hijau ditempatkan di sebelah timur, barat daya, dan selatan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan aura kesehatan,” tutur Mbah Yadi.

3. Kuning 

Selanjutnya, warna kuning yang sejak zaman dahulu mampu memberi kesan semangat dan meningkatkan suasana hati.

“Aura dari warna kuning memiliki aura yang sangat baik dan energi yang ditimbulkan sangatlah positif,” ucap Mbah Yadi.

Baca Juga  Bella Hadid: Kekayaan dan Perjuangan Lepas dari Lyme Disease

4. Putih

Warna putih juga sangat cocok untuk rumah yang tidak begitu luas. Secara psikologis, warna putih ini akan memberikan kesan luas. 

“Jadi nanti, kita enggak akan sumpek dan terhimpit karena warna ini netral. Kalau tidak percaya dicoba saja,” ujar Mbah Yadi.

Efek ini akan berlawanan dengan warna hitam jika digunakan pada dinding rumah. Menurut Mbah Yadi, warna yang agak gelap justru memberi kesan sempit dan membuat penghuninya sulit bernafas.

5. Cokelat

“Kalau bisa, saat mengecat rumah jangan menggunakan warna cokelat seluruhnya. Hanya bagian tertentu saja,” tambah Mbah Yadi.

Warna cokelat sangat tepat untuk digunakan pada bagian timur dan tenggara rumah. Hal itu berkaitan erat dengan finansial dan kesehatan.

Mbah Yadi menambahkan, warna cokelat juga mampu membuat rumah lebih elegan. 



Desi Kris