Update data Covid-19 Kota Batu.

JATIMTIMES – Pemkot Batu menargetkan dapat membentuk herd immunity dengan mencapai target vaksinasi Covid-19 hingga akhir tahun 2021. Namun akankah Pemkot Batu mampu mewujudkan herd immunity di akhir tahun ini?

Sebab hingga saat ini sudah sebanyak 159.335 dosis atau setara dengan 96,62 persen warga Kota Batu dari target yang telah ditetapkan. Target adalah sebanyak 164.932 dosis, dengan demikian hanya kurang 3,38 persen atau 5.597 dosis lagi, Kota Batu bisa mencapai target herd immunity.

Karena itu percepatan vaksinasi dosis ke dua pun juga tengah dilakukan oleh Pemkot Batu. “Untuk dosis ke dua sudah mencapai 137.674 dosis atau 87,48 persen,” kata Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, Onny Ardianto.

Baca Juga  Terlindungi, Ratusan Driver Gojek Blitar Resmi Menjadi Peserta BPJAMSOSTEK

Sedangkan dari data Dinas Kesehatan Kota Batu tercatat kasus kumulatif pasien konfirmasi hingga Kamis (16/12/2021) mencapai 3.120 orang. Dengan kasus kesembuhan sebanyak 2.850 orang. Dan kasus meninggal dunia 266 orang.

Karena itu saat ini Pemkot Batu berupaya untuk melakukan door to door untuk mencapai target khususnya pada lansia. Selain itu juga menuntaskan vaksinasi dosis kedua kepada masyarakat Kota Batu.

Tetapi bagi masyarakat yang sudah mendapati vaksinasi Covid-19 dosis satu dan dua agar tidak menyelepelekan virus tersebut. Harus tetap disiplin protokol kesehatan.

“Harus tetap disiplin prokesnya, 6M adalah memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjaga kesehatan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas atau bepergian kecuali untuk keperluan sangat mendesak,” ujar Onny.

Baca Juga  Dunia Heboh Cacar Monyet, Ini Sejarah dan Cara Pengobatannya

Kemudian juga meminta bagi yang belum melakukan vaksinasi bisa segera melakukan di pelayanan kesehatan terdekat. Tentunya untuk mencapai herd immunity untuk mencegah penyebaran Covid-19.



Irsya Richa