Alexa Ditutup Per 1 Mei 2022, Berikut 10 Situs Pemeringkat Lainnya

Situs Pemeringkat Alexa Ditutup Per 1 Mei 2022 (Foto: support.alexa.com)

JATIMTIMES Amazon memutuskan untuk menutup situs pemeringkat web Alexa.com dalam waktu dekat. Melalui pengumuman dari situs Alexa.com, situs yang sudah beroperasi selama 20 tahun lebih itu akan ditutup mulai 1 Mei 2022. 

Keputusan untuk menutup situs Alexa.com ini tampaknya disebabkan lalu lintas organik Alexa yang dilaporkan terus menurun. “25 tahun lalu, kami mendirikan Alexa Internet. Selama lebih dari dua dekade Alexa membantu Anda menemukan, mendapatkan, dan mengubah audiens digital Anda. Kami akan menghentikan layanan Alexa.com pada 1 Mei 2022. Terima kasih telah menjadikan layanan kami sebagai tempat meriset konten, melakukan analisis, meneliti keyword, dan masih banyak lagi,” demikian keterangan resmi dari situs Alexa.com. 

Pengumuman penutupan situs pemeringkat Alexa ini juga ada di laman resmi Amazon. “Saat ini kami harus membuat keputusan sulit, yakni menghentikan Alexa.com,” tulis Amazon.

Alexa.com merupakan salah 1 situs pemeringkat web yang selama ini menjadi rujukan pengguna, agensi digital, hingga perusahaan untuk mengetahui performa aset digital mereka di internet.

Situs ini memberikan layanan pemeringkat secara gratis, namun sebenarnya mereka juga memiliki layanan Software as a Service (SaaS) berlangganan.

Lantas apa situs pengganti setelah Alexa.com resmi ditutup? 

Ternyata, ada beberapa situs pemeringkat web yang ada di internet. Setelah Alexa.com tutup, pengguna bisa menggunakan 10 layanan pemeringkat web alternatif sebagai berikut:

1. Similarweb.com
2. Semrush.com
3. Ahrefs.com
4. Moz.com
5. Compete.com
6. Trafficestimate.com
7. Statbrain.com
8. Statsaholic.com
9. Internettrafficreport.com
10. comscore.com



Desi Kris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Awas, Cara Ini Bisa Buat Kalian Kehilangan Akun WhatsApp

JATIMTIMES – Masyarakat para pengguna Whatsapp kini harus lebih berhati-hati lagi. Sebab,…

Gara-Gara Ini, Google Kembali Kena Denda di Rusia

INDONESIAONLINE – Google mendapatkan denda dari Pengadilan Moskow. Hal ini setelah Hakim…