JATIMTIMES – Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi mendapatkan penghargaan Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (AK-PWI) dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022.

Selain menerima penghargaan, Bupati Yuhronur juga menjadi pembicara dialog kebudayaan nasional dalam rangkaian HPN 2022 di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (8/2/202).

Mengawali paparannya, pria yang akrab disapa Yes itu mengungkapkan bahwa salah satu kunci keberhasilan Kabupaten Lamongan menjadi wilayah pertama yang memperoleh predikat PPKM Level 1 adalah dengan penerapan komunikasi pentahelix kolaboratif.

“Budaya kolaboratif, budaya gotong royong atau yang sering kita sebut dengan pentahelix kolaboratif menjadi salah satu identitas dan budaya yang melekat di masyarakat Kabupaten Lamongan,” ungkap Yes dihadapan 9 Bupati dan Wali Kota yang juga menerima AK – PWI 2022.

Baca Juga  26 Rumah dan 2 Masjid Rusak Dihantam Angin Kencang

Yes juga beberkan upaya untuk membangkitkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19, dengan gerakan beri seikhlasnya dan ambil secukupnya.

“Ada satu inovasi lagi yang kami terapkan. Jika pemerintah pusat mengimbau menerapkan 5 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas). Di Lamongan kita ada 6 tambahi satu M yaitu manuto atau ikuti aturan dan anjuran yang telah ditetapkan,” tegasnya.

Tidak hanya itu, Bupati Yes juga mengungkap tentang upaya mewujudkan kejayaan Lamongan yang berkeadilan dengan menghidupkan potensi kebudayaan.

“Kita ingin mewujudkan kejayaan dengan menghidupkan jejak kejayaan Raja Airlangga dan Patih Gajah Mada, patih sakti masa kejayaan kerajaan majapahit, yang makam ibundanya ada di Kabupaten Lamongan. Selain itu kita juga berkomitmen menghidupkan kebudayaan era kerajaan belanda yaitu waduk Prijetan dan Kapal Vanderwijck. Kami meyakini semua akan mengantarkan kejayaan Lamongan,” pungkas Yes.

Baca Juga  Stasiun Madiun Hadirkan Layanan Tes PCR, Segini Tarif dan Persyaratannya

Perlu diketahui, selain Bupati Yuhronur Efendi, ada beberapa kepala daerah yang juga mendapatkan AK-PWI 2022, yaitu Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran (Datuak Paduko Malano), Bupati Magetan Suprawoto, Bupati Indramayu Nina Agustina, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Bupati Sumbawa Barat Musyafirin.

Kemudian ada putra sulung Presiden Jokowi yang juga Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah, Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, Helmi Hassan, Bupati Buton, Sulawesi Tenggara, La Bakri, dan Bupati Lamandau, Kalimantan Tengah, Hendra Lesmana.



M. Nur Ali Zulfikar