Tata Manajemen UIN Malang Bikin Terpikat IAIN Metro dan UIN Mataram, Jajaki Kerja Sama

Rektor UIN Malang Prof Dr HM. Zainuddin MAg (tengah) saat menyambut kunjungan IAIN Metro Lampung dan UIN Mataram.

INDONESIAONLINE – Tata manajemen kampus di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang memang tak diragukan lagi. Hal itu terbukti dengan banyaknya instansi atau kampus lain yang melakukan benchmarking ataupun mengajak bekerja sama kampus Ulul Albab ini.

Seperti halnya baru-baru ini, UIN Maliki kedatangan dua kampus perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN), yakni IAIN Metro Lampung dan UIN Mataram, guna melakukan sharing dan penandatanganan kerja sama.

Dalam kesempatan itu, hadir langsung Rektor IAIN Metro Lampung Prof Dr Siti Nurjanah MAg PIA dan Rektor UIN Mataram Prof Dr H Masnun Tahir.

Rektor IAIN Metro Lampung dalam sambutannya menyampaikan, bahwa saat ini IAIN Metro Lampung berharap dapat terjalin kerja sama yang strategis dengan UIN Maliki Malang. Dengan jalinan kerja sama dan kedatangan di kampus berjuluk Ulul Albab ini, pihaknya berharap dapat membawa sebuah hal yang bermanfaat dalam pengembangan IAIN Metro Lampung.

Terlebih lagi, saat ini IAIN Metro Lampung juga berencana melakukan pengajuan alih status dari institut menjadi sebuah universitas dan juga terkait menjadi satuan kerja badan layanan umum (BLU). Karena itu, menurut dia, jalinan kerja sama dengan UIN Maliki Malang menjadi salah satu hal yang penting.

“Terima kasih atas kesempatan silaturahim ini, kami bertekad kuat untuk menjalin silaturahmi dengan UIN Malang,” ujarnya.

Pimpinan UIN Mataram juga mengakui keunggulan UIN Maliki Malang. Melihat berbagai keunggulan dan perkembangan UIN Maliki Malang yang begitu pesat, baik infrastruktur maupun dalam bidang akademik, UIN Mataram mengharapkan dapat belajar dan mengadopsi  penerapan tata kelola kampus UIN Maliki Malang.

Dalam hal sumber daya manusia (SDM), UIN Maliki Malang tak dipungkiri memiliki banyak SDM unggul. Banyak dosen maupun pegawai yang bergelar doktor ataupun profesor. Hal ini juga menjadi motivasi UIN Mataram untuk juga memiliki SDM unggul. Salah satunya dengan mendorong peningkatan SDM bergelar doktor.

“Cita-cita besar kami, semoga UIN Malang bisa menjadi panutan bagi UIN Mataram,” ungkapnya.

Di sisi lain, Rektor UIN Maliki Malang, Prof Dr HM. Zainuddin  MA menyampaikan sambutan hangat atas kedatangan dua kampus PTKIN ini. Rektor yahg akrab disapa Prof Zain itu menegaskan bahwa UIN Maliki Malang sangat terbuka untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Tentunya, kolaborasi ini menjadi sebuah hal yang penting dalam memajukan pendidikan tinggi.

“Kami sangat terbuka untuk saling sharing, bagaimana proses akreditasi dan mengundang untuk belajar di berbagai fasilitas kampus,” ungkapnya.

Dengan banyaknya jalinan kerja sama dengan berbagai instansi,  Prof Zain mengatakan bukan hanya mempererat silaturahmi, tetapi juga membawa kebermanfaatan dalam pengembangan atau penguatan kelembagaan. (as/hel)

IAIN Metro Lampungkerja samaUIN Maliki MalangUIN MataramUIN Maulana Malik Ibrahim