INDONESIAONLINE – Tim bola basket putra SMA 1 Glagah tampil sebagai juara dalam turnamen Banteng Basketball Cup 2023 setelah dalam pertandingan final menang atas tim basket SMA Negeri Rogojampi dengan skor 53 – 44 di GOR Sahabat Banyuwangi, Minggu (5/3/2023) malam.

Sedangkan di kelompok putri mahkota juara I menjadi milik tim basket SMA Katolik Hikmah Mandala Banyuwangi setelah dalam final unggul jauh atas tim basket putri SMA Negeri Glagah dalam pertandingan yang dilaksanakan sebelumnya.

Menurut Head Coach tim bola basket SMA 1 Glagah, Imanudin Husnuzan, tim yang memiliki julukan Satria dalam laga final menurunkan Esa, Benny, Bihan, Aldo dan Rhangga mampu menunjukan konsistensi permainan yang semangat cepat dan disiplin dalam melakukan deffence.

“Dalam even kali ini pemain tetap menunjukan kualitas permainan akurasi tembakan dan mendominasi permainan. Untuk rebound dan pain area atau under basket menguasai dan size pemain rata-rata menang tinggi bahkan Big man kami  tidak ada lawan yang  mampu menghentikan,” jelas Iman kepada Jatim Times, Senin (6/3/2023).

Baca Juga  Banyak Lulusan SMA Tak Cari Kerja, DPRD Kota Batu Dorong Disnaker Tekan Angka Pengangguran

Dia menuturkan rata-rata starting five tim SMA Negeri Glagah sudah kelas XII sehingga untuk mempertahankan prestasi tim basket salasatu sekolah favorit di ujung timur Pulau Jawa tentu membutuhkan latihan lebih keras, komitmen dan konsisten antara pemain dan pelatih serta dukungan sekolah dan orangtua/wali murid.

Dalam upara penyerahkan hadiah dan tropy bagi para juara Juara Banteng Basketball Cup 2023, Ketua DPC PDI Perjuangan Banyuwangi, I Made Cahyana Negara mengungkapkan pelaksanaan kejuaraan Banteng Basketball Cup 2023 menjadi ajang untuk mengasah talenta basket Banyuwangi untuk meraih prestasi lebih tinggi.

“Jadikan prestasi hari ini sebagai awal untuk menyongsong kejuaraan yang lebih besar ditingkat provinsi maupun nasional,“ ujar Made Cahyana.

Ketua DPRD Banyuwangi tersebut menuturkan turnamen basket yang digelar merupakan salasatu bentuk kepeduliaan PDI Perjuangan terhadap olah raga dan seni budaya di Banyuwangi.

Jajaran panitia pelaksana memilih turnamen basket untuk kalangan pelajar karena anak-anak muda di usia tersebut menjadi sangat rentan terjerumus kepada perbuatan-perbuatan yang negatif apabila tidak mendapatkan sarana untuk mengaktualisasi dan mengaplikasikan jati dirinya.

Baca Juga  CEO Putra Delta Sidoarjo Terpilih Jadi Exco PSSI, Bakal Dorong Liga yang Kompetitif

“Turnamen Banteng Basketball Cup ini bisa menjadi motivasi bagi anak-anak muda untuk lebih aktif  berolahraga agar tubuhnya menjadi sehat dan jiwanya kuat. Selain itu juga untuk meminimalisir terjadinya perbuatan-perbuatan yang  negatif. Membangun karakter positif salahsatunya adalah lewat olah raga. Dan tahun depan even ini akan kita gelar lagi,” ungkap Made Cahyana.

Politisi asal Kalipuro itu juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah membantu terlaksananya Banteng Basketball Cup 2023 dengan aman lancar dan  sukses serta meriah.

“Selanjutnya, turnamen Banteng Basketball Cup direncanakan menjadi agenda tahunan dalam rangka membantu mencetak atlet-atlet bola basket yang dapat mengarumkan nama Banyuwangi pada event olahraga skala nasional dan internasional,” pungkasnya.

Dalam acara penutupan turnamen Banteng Basketball Cup 2023 tersebut, Made Cahyana juga memperkenalkan satu persatu anggota fraksi PDI Perjuangan yang ada di DPR RI, DPRD Provinsi Jatim maupun yang ada di  DPRD Kabupaten Banyuwangi kepada pemain dan para penonton yang memadati tribun GOR Sahabat Banyuwangi.