INDONESIAONLINE- Tim Dosen Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar kembali terjun melaksanakan pengabdian masyarakat. Kali ini melalui kolaborasi Fakultas Teknologi Informasi dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Tim Dosen Unisba menyelenggarakan sosialisasi pemanfaatan sistem informasi berbasis website sebagai sarana promosi bagi Kelompok Tani Sapto Gati di Desa Pojok, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar, Jumat (22/7/2022).

Tim Dosen Unisba Blitar beranggotakan dua orang masing-masing Indyah Hartami Santi, S.Kom.,M.Kom (Fakultas Teknologi Informasi) dan Indria Guntarayana, S.E.M.M. M.AB (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Masih dalam rangkaian kegiatan ini, Tim  Dosen Unisba Blitar juga memberikan informasi terkait sistem bisnis pada era globalisasi. Peserta dari kegiatan ini adalah anggota Kelompok Tani Sapto Gati dan karang taruna di Desa Pojok. 

Para peserta yang mengikuti kegiatan tampak antusias mengikuti jalannya kegiatan. Dalam sosialisasi ini Tim Dosen Unisba Blitar mendemokan beberapa aplikasi digital marketing. Di antaranya sistem informasi dan penjualan hasil pertanian berbasis website, aplikasi marketplace, sistem informasi pengelolaan salon dan sistem informasi persewaan alat camp. 

“Aplikasi marketplace ini penting guna mewadahi hasil produk dari kelompok tani, karang taruna maupun hasil produksi warga yang lain. Kami mendorong agar kelompok tani dan karang taruna mahir dalam digital marketing,” kata Indyah Hartami Santi.

Baca Juga  Mengenal ERACS, Metode Caesar Minim Rasa Sakit yang Ada di RSI Unisma

Santi menambahkan, dewasa ini kemajuan teknologi berkembang sangat pesat dan nyatanya berdampak positif untuk orang banyak. Masyarakat dunia sudah merasakan dampaknya, saat ini dengan kecanggihan teknologi membuat semua pekerjaan dan urusan pribadi menjadi lebih cepat selesai dalam waktu beberapa menit saja.

“Dengan memanfaatkan teknologi E-commerce, salah satunya marketplace, kami mendorong petani dapat memasarkan produk pertaniannya secara mandiri. Kami optimis, dengan menguasai digital marketing maka pendapatan petani akan meningkat. Mereka akan bisa mandiri dan tidak tergantung lagi kepada tengkulak,” imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Indria Guntarayana menyampaikan, selain petani pihaknya juga mendorong anggota serta pengurus Karang Taruna Desa Pojok untuk menguasai marketplace dan digital marketing. Menurutnya, karang taruna memiliki peran penting di masyarakat untuk memajukan sektor perekonomian melalui pembinaan dan promosi UMKM.

“Karang taruna adalah garda terdepan dalam menggerakkan ekonomi masyarakat. Kami mendorong karang taruna menjadi influencer,” kata Indriya. 

Baca Juga  Buntut Demo Siswa SMAN 1 Situbondo, DPRD: Katanya Ada Provokator dari Luar

Kehadiran Tim Dosen Unisba Blitar yang memberikan sosialisasi mendapat sambutan sangat baik dari Kelompok Tani Sapto Gati dan Karang Taruna Desa Pojok. Dengan sosialisasi ini, kelompok tani dan karang taruna di desa setempat menjadi antusias terkait sistem digitalisasi dalam promosi dan berbisnis berbasis website ini. 

“Kegiatan ini sejalan dengan agenda Kelompok Tani Sapto Gati dan karang taruna yang mempunyai program kerja untuk memberdayakan potensi yang ada di desa kami,” kata Yogi selaku Ketua Karang Taruna Desa Pojok.

Senada dengan karang taruna, Wicak selaku perwakilan Kelompok Tani Sapto Gati Desa Pojok mewakili rekan-rekanya berharap kegiatan pembinaan masyarakat dari Unisba Blitar ke depan dapat berjalan berkelanjutan. 

“Kami memiliki harapan besar kegiatan ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan dengan menjadi mitra Unisba Blitar. Tidak saja pada ruang lingkup kelompok tani dan karang taruna, akan tetapi sampai pada bidang yang lain. Salah satunya adalah bidang pendidikan, di mana sebagian besar warga di desa kami masih gaptek terhadap teknologi informasi,” pungkas Wicak.