Polres Ngawi menggelar  pelatihan Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) dan Penanganan Pertama Gawat Darurat (PPGD) korban laka lantas kepada seluruh jajaran personilnya. Foto Satria Romadhoni for jatimTIMES

INDONESIAONLINE – Kemampuan petugas Satuan Lalu Lintas Polres Ngawi dalam penanganan kejadian laka lantas di tengah pandemi Covid-19 terus ditingkatkan. Salah satunya dengan menggelar pelatihan Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) dan Penanganan Pertama Gawat Darurat (PPGD) korban laka lantas kepada seluruh jajaran personelnya.

Kegiatan ini juga diikuti perwakilan personel Dokkes Polres Ngawi, Bhabinkamtibmas Polsek, Babinsa Koramil, Dinas Perhubungan, Satpol-PP, BPBD dan sejumlah perwakilan Kepala Desa. 

Kasat Lantas Polres Ngawi, AKP Zainul Imam Syafi’i didampingi Kanit Penegakan Hukum IPDA Sulanjar Tri Setiawan menjelaskan pelatihan TPTKP dan PPGD bertujuan untuk membekali masyarakat Kabupaten Ngawi, khususnya personil Bhabinkamtibmas dan Babinsa maupun instansi lainnya dalam hal pertolongan pertama jika ada korban kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga  3 Petahana Maju Lagi di Pilkades Kota Batu 2022, Berikut Daftar Cakades di Lima Desa

Dengan pelatihan tersebut nantinya tidak hanya Unit Laka saja yang bisa melakukan penanganan kecelakaan lalu lintas. Namun seluruh personil juga dapat melakukan proses penanganan TPTKP dan PPGD laka lantas. Hal itu guna mempercepat pelayanan dan penanganan korban laka lantas.

“Melalui pelatihan ini diharapakan peserta dapat melakukan tindakan pertolongan pertama pada kihejadian kecelakaan. Terutama pertolongan terhadap TPTKP dan PPGD,” jelas AKP Zainul Imam Syafi’i. 

AKP Zainul Imam Syafi’i berharap, setelah mengikuti pelatihan tersebut para peserta nantinya dapat membatu Satuan Lalu Lintas Polres Ngawi dalam penanganan awal kejadian kecelakaan lalu lintas di wilayahnya masing-masing.

“Pelatihan seperti ini akan rutin dilaksanakan  untuk meningkatkan kemampuan dalam pertolongan pertama agar mencegah terjadinya fatalitas korban kecelakaan lalu lintas. Karenanya sangat diperlukan kemampuan untuk melakukan penanganan awal pada pada kejadian kecelakaan lalu lintas”, pungkas Kasat Lantas Polres Ngawi AKP Zainul Imam Syafi’i.

Baca Juga  BPBD Jatim Terjunkan Tim ke Lokasi Terdampak Gempa di Bawean



Satria Romadhoni