Pendidikan

UIN Maliki Malang Gandeng Sekolah Menengah, Berikan Peluang Emas bagi Siswa Berprestasi

26
×

UIN Maliki Malang Gandeng Sekolah Menengah, Berikan Peluang Emas bagi Siswa Berprestasi

Sebarkan artikel ini

INDONESIAONLINE – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang terus kukuhkan komitmen mendukung kemajuan pendidikan dengan memberikan kesempatan kepada siswa berprestasi melalui golden tiket.

Pada Minggu (27/5/2024), UIN Maliki Malang melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan beberapa Madrasah Aliyah dan SMA sebagai langkah konkret dalam mewujudkan komitmennya.

Prof Dr. HM Zainuddin MA, Rektor UIN Maliki Malang, menyatakan bahwa MoU tersebut adalah wujud keseriusan kampus dalam memberikan kontribusi bagi kemajuan pendidikan di lingkungan madrasah dan sekolah-sekolah di pesantren.

“Ini merupakan salah satu upaya kami untuk memberikan penghargaan kepada siswa-siswi dan santri berprestasi,” ujarnya.

Dengan MoU ini, sekolah yang menjalin kerjasama dengan UIN Maliki Malang diberikan golden tiket yang memungkinkan siswa berprestasi dari sekolah tersebut untuk masuk ke UIN Maliki Malang tanpa tes.

“Golden tiket diberikan kepada lima siswa berprestasi dari setiap sekolah,” tambahnya.

Selain itu, sebagai bentuk kontribusi dalam memajukan pendidikan, UIN Maliki Malang juga memiliki program-program pembinaan bagi Madrasah dan perguruan tinggi di lingkungan pesantren, seperti bantuan akreditasi, pelatihan manajemen, dan pengembangan SDM.

Baca  Tips Cepat Selesaikan Skripsi Ala Dosen UIN Malang, Mahasiswa Wajib Merapat

Prof Zainuddin juga menyoroti keunggulan UIN Maliki Malang dalam bidang akademik dan fasilitas. Sejumlah program studi telah terakreditasi unggul dan internasional, dengan 14 program studi dalam proses akreditasi internasional.

Fasilitas seperti Ma’had Jami’ah menjadi keunggulan tersendiri, di mana setiap mahasiswa diwajibkan untuk tinggal di Ma’had selama satu tahun.

“Kami juga memiliki Pusat Pendidikan Bahasa Asing dan pusat penghafal Al-Qur’an yang menarik minat mahasiswa asing,” ungkapnya.

Selain itu, kehadiran dosen-dosen dari luar negeri juga turut meningkatkan kualitas pembelajaran di UIN Maliki Malang.

Sebagai bagian dari kontribusinya dalam dunia pendidikan, UIN Maliki Malang menjadi tuan rumah seminar dan kegiatan perumusan sistem pendidikan Nahdatul Ulama oleh PPNU.

“Dengan berbagai upaya ini, UIN Maliki Malang berperan aktif dalam pengembangan dunia pendidikan, terutama di lingkungan Nahdatul Ulama,” tutupnya (as/dnv).