UIN Maliki Malang Jajaki Kerja Sama Berbagai Bidang Strategis dengan Amerika

INDONESIAONLINE – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang terus berkomitmen dalam upaya mewujudkan reputasi kampus unggul bereputasi internasional. Salah satu upayanya adalah dengan menguatkan jalinan kerja sama internasional dengan Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya.

Langkah itu dilakukan para pimpinan UIN Maliki Malang dengan berkunjung ke kantor Konsulat Jenderal Amerika di Surabaya belum lama ini. Kunjungan para pimpinan UIN Maliki Malang pun disambut langsung oleh Joshua Shen sebagai public affairs officer US Consulate General.

1

Dalam pertemuan gayeng itu, berbagai hal strategis dalam upaya peningkatan akademik dan penguatan kelembagaan dibahas. Dari pembahasan ini, program-program strategis dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi semakin diperkuat.

“Ya sekarang penjajakan terus diperkuat. Kita juga sudah komunikasi kelembagaan dengan Konsulat Jenderal Australia. Sekarang penjajakan dengan Konsulat Jenderal Amerika,” jelas Prof Dr Hj Ilfi Nur Diana MSi, wakil rektor bidang administrasi umum, perencanaan dan keuangan yang memimpin rombongan UIN ke Konsulat Jenderal Amerika.

Lebih konkret menindaklanjuti penjajakan kerja sama,  ke depannya  kegiatan pembelajaran ataupun kuliah tamu akan menghadirkan  pakar-pakar dalam berbagai bidang keilmuan tingkat global, yang tentunya selaras dengan disiplin ilmu di masing-masing fakultas.

“Tentunya upaya ini untuk meningkatkan wawasan atau juga memberikan update tentang perkembangan keilmuan terkini di tingkat global,” kata Prof Ilfi.

Selain itu, akan dilakukan pertukaran mahasiswa ataupun dosen, baik dari UIN Maliki Malang maupun  mahasiswa dari Amerika. Tentunya hal ini menjadi langkah strategis dalam penguatan potensi atau kualitas akademik dan SDM kedua negara.

Sementara, Joshua Shen menyampaikan bahwa Konsulat Jenderal Amerika di Surabaya menyambut baik penguatan kerja sama ini. Pihaknya siap memberikan fasilitas bagi para mahasiswa UIN Maliki Malang untuk melanjutkan studi di Amerika.

3

Lebih dari itu, pihaknya juga siap untuk menjalin kerja sama dalam bidang riset. Dalam hal riset akan dimulai dengan pelaksanaan pelatihan academic writing bagi dosen dan mahasiswa. Begitu pun untuk publikasi, l akan dilakukan pendampingan oleh pakar yang berkompeten di bidangnya. Dengan begitu, diharapkan dapat mendorong peningkatan nilai publikasi ilmiah sivitas akademika UIN Malang di kancah internasional.

Tak hanya itu. Pengabdian masyarakat dalam upaya penguatan reputasi internasional kampus juga telah disepakati. Konkretnya, akan didelegasikan penggerak organisasi kemasyarakatan Islam dan non-Islam ke Amerika.

2

Di sana, mereka mempunyai kesempatan untuk memperdalam wawasan tentang praktik kehidupan beragama di dunia global, khususnya di Amerika. Imbas positif  yang diharapkan adalah meningkatnya kualitas kehidupan umat Islam dan kehidupan lintas agama, khususnya di Negeri Paman Sam.

Untuk diketahui, pimpinan yang hadir mewakili rektor UIN Maliki Malang dalam kunjungan ke Konsulat Jenderal Amerika, selain Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan Prof Ilfi,  ada Dr KH Isroqunnajah MAg (wakil rektor bidang kerja sama dan pengembangan lembaga), Drs H Basri MA PhD (wakil direktur program pascasarjana), Prof Dr Like Raskova Octaberlina MEd (direktur International Office), dan Muhammad Khafid (staf International Office). (as/hel)