INDONESIAONLINE – Penemuan bayi berjenis kelamin perempuan di depan Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Campurdarat, Kabupaten Tulungagung menghebohkan warga sekitar. Sesaat setelah ditemukan, bayi yang di perkirakan masih berusia 5 hari ini divideo oleh warganet dan diunggah melalui media sosial.

Video dengan durasi 46 detik ini menunjukkan jika keadaannya sehat dan tampak menangis begitu diganti popoknya.

Kapolres Tulungagung, AKBP Eko Hartanto memastikan anggotanya sudah langsung menindaklanjuti dan menangani penemuan bayi di RSUD Campurdarat ini.

“Sudah kita tangani,” kata AKBP Eko Hartanto, Sabtu (30/7/2022).

Lebih lanjut, Kapolres AKBP Eko Hartanto juga memastikan jika pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan Rumah Sakit Dr Iskak Tulungagung untuk menanganinya.

Baca Juga  Sinergi dengan Pengusaha dan Wartawan, Wabup Blitar Bagikan Ribuan Paket Sembako untuk Korban Banjir

“Sudah koordinasi dengan Dinsos dan Rumah Sakit Dr Iskak, bayi sekarang di rumah sakit,” jelasnya.

Atas penemuan bayi yang orang tuanya belum diketahui ini, Kapolres memerintahkan petugas dari UPPA Satreskrim untuk melaksanakan penyelidikan guna mengungkapnya.

“Petugas melaksanakan lidik terkait ortu bayi atau keluarga bayi,” ungkapnya.

Seperti diketahui, bayi ini ditemukan oleh petugas keamanan (Satpam) RSUD Campurdarat, pada Sabtu (30/7/2022) jam 05.00 pagi hari.

Kepala Puskesmas Campurdarat, Drg Niken Moerwani Yudiarti saat dihubungi membenarkan adanya temuan bayi ini. Ia memastikan telah mendapat informasi dari Bidan Desa Campurdarat.

“Menurut keterangan bidan desa Campurdarat benar (temuan bayi),” kata Niken.

Polsek Campurdarat juga telah memastikan tindak lanjut penanganan bayi bersama Dinas Sosial untuk dibawa ke RSUD Dr Iskak Tulungagung.

Baca Juga  Jelang Muktamar NU ke-34, Beredar Grafis 9 Usulan Ahwa

Untuk mengetahui siapa orang tua atau pelaku pembuangan bayi ini, penyelidikan juga telah dilaksanakan.

Karena tidak ada CCTV yang berfungsi di lokasi penemuan, polisi akan melihat dan menyelidiki CCTV di sekitar lokasi guna mengungkap penemuan bayi ini.