INDONESIAONLINE – Media sosial dihebohkan dengan sebuah video yang menunjukkan seorang lansia diteriaki maling oleh beberapa pengendara sepeda motor. Bahkan, lansia berusia 80 tahun itu dikeroyok warga hingga tewas. 

Peristiwa ini, terjadi di kawasan Jalan Pulo Kambing, Cakung, Jakarta Timur pada Minggu (23/1/2022) dini hari. Dalam video yang beredar, aksi saling kejar antara pengemudi mobil dan pemotor sambil berteriak ‘maling-maling’ yang berupaya menghentikan laju kendaraan memicu pengendara lainnya ikut dalam aksi kejar kejaran tersebut. 

Video tersebut salah satunya diunggah oleh akun Instagram @thespot.id. 

Saat ini, pihak kepolisian pun masih menyelidiki kasus tersebut. Sebanyak 8 saksi telah diperiksa.

“Sudah klarifikasi 8 orang,” ujar Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur AKBP Ahsanul Muqaffi.

Dari 8 orang, Ahsanul mengatakan salah 1 saksi yang telah diperiksa adalah anak korban.

“Untuk saat ini masih proses penyelidikan, selanjutnya tingkat penyidikan. Masih mencari saksi-saksi lain yang mendukung sebagaimana dimaksud Pasal 184 KUHAP,” ujar Ahsanul. 

Baca Juga  Cekcok di Jalan dengan Pengendara Lain, Oknum TNI Viral Terlihat Bawa Sajam

Diketahui sebelumnya, aksi pengejaran terhadap sebuah mobil di Pulogadung, Cakung, Jakarta Timur, viral di media sosial. Sopir berinisial HM (89) sempat diteriaki maling hingga akhirnya meninggal dikeroyok oleh sekelompok orang.

Dalam video itu, sejumlah orang tampak mengejar sambil meneriaki HM. Aksi pengejaran itu disebut akhirnya berhenti di kawasan Pulogadung, Cakung, Jakarta Timur.

“Maling, maling, maling berhentiin nih ini mobil maling. Maling woi, kejar, kejar!,” ujar seorang pria dalam video itu. 

Menanggapi kejadian ini, Ahsanul menyebut HM bukan seorang pelaku pencurian seperti yang dituduhkan. Saat itu, diketahui HM mengemudikan mobilnya dengan kencang sehingga dikejar oleh sekelompok orang.

“Bukan pencurian. Informasi dari Tebet atau Pulogadung dia bawa mobil ngebut diteriaki maling hingga dikejar,” kata Ahsanul. 

Setelahnya, HM menjadi sasaran pengeroyokan sekelompok orang. Hingga akhirnya HM meninggal di lokasi kejadian. 

Baca Juga  Warga Bali "Ogah" Sambut Jokowi, Ini Kata Ganjar

Pihak kepolisian sendiri juga sempat mengejar HM lantaran diteriaki maling. Bahkan sempat terdengar tembakan senjata gas air mata yang dilepaskan anggota polisi, laju mobil SUV berwarna hitam tersebut baru berhenti di kawasan industri JIEP Jaktim.

Melihat video tersebut, warganet pun geram dengan aksi warga yang mengejar HM. Mereka bahkan meminta agar warga yang turut mengejar dan mengeroyok untuk ditangkap. 

@zahrairman: “Tangkep aja yg videoin y.. tangkap satu satu itu org yang ngejar alm keliatan kan dari plat motor nya.”

@firmanfadhilah7: “Astagfirullah miris, ya Allah kenapa ahlak manusia zaman sekarang semakin rusak?”

@enosulistyo: “Tolong dooong ditindaklanjuti.. Ya Allah.”

@tesha_arios: “Kebiasaan,,main hakim sendiri…perberat hukum yg menewaskan nyawa org TIDAK BERSALAH.”

@dekiouus: “Usut sampai tuntas . Kasian klo emang bener salah org itu yg fitnah nuduh harus di kasih ganjaran main asal nuduh ya Rabb.”



Desi Kris