INDONESIAONLINE – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan hujan lebat masih berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah Jawa Timur.

“Jatim masih berpotensi hujan lebat dalam 3 hari ke depan awal bulan April ini. Terutama Bakorwil II dan Bakorwil V. Potensi hujan lebat masih tidak merata dalam 3 hari ke depan,” tulis laporan BMKG Juanda melalui akun Instagram resminya.

Berikut ini pembagian wilayah Bakorwil I sampai V di BMKG Juanda:

BAKORWIL I MADIUN: Kab. dan Kota Madiun, Magetan, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Tulungagung, Trenggalek, Kab. dan Kota Kediri.

BAKORWIL II BOJONEGORO : Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik, Jombang, Nganjuk, Kab. dan Kota Mojokerto.

BAKORWIL III MALANG: Kab dan Kota Malang, Batu, Surabaya, Sidoarjo, Kab dan Kota Pasuruan, Kab dan Kota Blitar.

BAKORWIL IV PAMEKASAN: Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.

BAKORWIL V JEMBER: Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Kab dan Kota Probolinggo.

Dapat disimpulkan bahwa Bakorwil II dan V, yang meliputi wilayah Tuban, Lamongan, Gresik, Jombang, Nganjuk, Kab Mojokerto, Kota Mojokerto, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Kab dan Kota Probolinggo berpotensi mengalami hujan lebat di awal April 2024 ini.

Sementara itu untuk sebagian wilayah di Jatim yang diprakirakan mengalami cuaca ekstrem hingga menyebabkan bencana hidrometeorologi pada Selasa (2/4) adalah sebagai berikut.

● BANYUWANGI: Bangorejo, Purwoharjo, Tegaldlimo, Muncar, Cluring, Gambiran, Srono, Genteng

Baca Juga  THR dan Rapel Kenaikan Gaji ASN Bisa Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Jatim 2024

● BONDOWOSO: Tamanan, Tlogosari, Sukosari, Pujer, Tenggarang, Wonosari, Tapen, Sumberwringin, Jambesari Darus Sholah

● JEMBER: Bangsalsari, Balung, Wuluhan, Rambipuji, Panti, Sukorambi, Jenggawah, Ajung, Tempurejo, Kaliwates, Mumbulsari, Ledokombo, Sukowono, Sumberjambe

● JOMBANG: Ngoro, Bareng, Wonosalam, Mojoagung, Mojowarno

● KEDIRI: Kandangan

● KOTA BATU: Batu, Bumiaji

● KOTA MALANG: Kedungkandang

● MADIUN: Dolopo, Geger, Dagangan, Kare, Wungu

● MALANG: Poncokusumo, Wajak, Tajinan, Tumpang, Jabung, Pakis, Singosari, Lawang, Pujon, Ngantang, Kasembon, Karangploso

● MOJOKERTO: Jatirejo, Gondang, Pacet, Trawas, Ngoro, Pungging, Kutorejo, Dlanggu, Bangsal, Puri, Trowulan

● PONOROGO: Pulung, Jenangan, Ngebel

● PROBOLINGGO: Banyuanyar, Tiris, Krucil, Gading, Pakuniran, Kotaanyar, Paiton, Besuk, Kraksaan, Krejengan, Pejarakan, Maron

● TRENGGALEK: Durenan

● TULUNGAGUNG: Tulungagung, Boyolangu, Kedungwaru, Ngantru, Kauman, Karangrejo, Gondang, Sumbergempol, Ngunut, Kalidawir, Campurdarat, Pakel

“Prakiraan (hujan sedang-lebat disertai petir dan angin kencang hingga menyebabkan bencana hidrometeorologi) berlaku mulai pukul 07.00 WIB, 2 April hingga pukul 07.00 WIB, 3 April 2024,” bunyi laporan dari BMKG Juanda.

Oleh karenanya, BMKG Juanda meminta agar masyarakat memastikan saluran pembuangan air di lingkungan rumah tidak mampet, biar tidak menimbulkan genangan hingga banjir.

Berdasarkan laporan BMKG, dampak yang bisa terjadi akibat dari hujan lebat yang mengguyur kawasan di Jawa Timur ada beragam. Seperti jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi, terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah.

Baca Juga  Pendaftaran The Wedding Expo Millenial JatimTIMES 2022 Dibuka Sampai Akhir Agustus, Para Vendor Mulai Berbondong-Bondong Daftar

“Volume aliran sungai meningkat atau banijir hingga aliran banjir berbahaya dan mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala menengah,” tulis akun Instagram resmi @infobmkgjuanda.

Dalam matriks risiko yang dipaparkan BMKG Juanda, tingkat kemungkinan terjadinya hujan berada di posisi rendah dan sangat rendah. Sementara prediksi adanya dampak hujan berada di katagori waspada (kuning) dan berada di level sedang.

BMKG Juanda juga meminta agar masyarakat berhati-hati jika sedang beraktivitas di luar rumah. Selain itu, diharapkan terus memperbarui informasi melalui media massa maupun media sosial terkait informasi hujan lebat.

“Mencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan, tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak, serta berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan,” imbau BMKG Juanda.

Di sisi lain, BMKG Juanda juga merinci prakiraan hujan berdasarkan waktunya, yakni pagi, siang-sore, hingga malam hari pada Selasa (2/4/2024). Berikut ini rinciannya:

Pagi

Di Wilayah Nganjuk, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi.

Siang-Sore

Di wilayah Kota Mojokerto, Kab. Mojokerto, Gresik, Lamongan, Jombang, Nganjuk, Kab. Malang, Kota Malang, Kab. Pasuruan, Bangkalan, Pamekasan, Sampang, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi.

Malam

Di Wilayah Kota Mojokerto, Lamongan, Bojonegoro, Jombang dan Nganjuk. (bin/hel)