INDONESIAONLINE – Sebagai upaya pengembangan lembaga, terlebih lagi menyongsong roadmap menuju World Class Islamic University, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang terus menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Salah satunya adalah jalinan kerjasama dengan pondok pesantren.

Wakil Rektor bidang Kerjasama dan Pengembangan Kelembagaan UIN Maliki Malang, Dr H Isroqunnajah MAg menginisiasi penyelenggaraan Memorandum of Understanding (MoU) dengan pondok pesantren ternama di Jawa serta Perguruan tinggi Islam, baik di dalam maupun luar negeri. Momentum akbar tersebut dilakukan secara daring dan luring pada Jumat (28/1/2022).

Rektor UIN Maliki Malang, Prof HM Zainuddin MA, menyampaikan, jika momentum akbar ini sekaligus menjadi momen silaturahmi penuh berkah bersama para ulama, kyai atau ustadz.

Baca Juga  UIN Maliki Malang Gelar Ekspose Hasil Review, Perkuat Integritas Kampus

“Terima kasih kepada yang telah hadir. Meski tidak semua Ponpes langsung dihadiri oleh kepala atau pengasuhnya, namun paling tidak telah ada yang menggantikan atau mewakilinya,” jelasnya.

Selain itu, tentunya MoU ini adalah untuk melakukan kerjasama pada bidang kelembagaan dan juga bidang akademik. Bagi UIN Maliki Malang, hal ini merupakan bagian dari upaya dalam kian mewujudkan kampus Unggul bereputasi internasional.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya tak lupa memperkenalkan profile dari UIN Maliki Malang beserta distingsinya (perbedaan UIN Malang dan kampus lain). Tidak lupa, rektor asal Bojonegoro tersebut juga mengenalkan diri beserta jajarannya di rektorat bersama ketua senat universitas. 

Sementara itu, berikut ini adalah Ponpes dan Perguruan Tinggi Islam baik dari dalam maupun luar negeri yang telah melakukan MoU dengan UIN Maliki Malang. Di antaranya Ponpes Zainul Hasan Genggong, Ikatan Pesantren Indonesia, Ponpes Mambaul Ma’arif Denayar, Ponpes Hidayatul Mubtadi’in Lirboyo, Ponpes Rejo Darul Mustofa, Ikatan Alumni Sidogiri.

Baca Juga  Pelajar MTs Blitar Borong Prestasi di Kejuaraan Robotic Malaysia, Bupati Mak Rini Bangga dan Beri Apresiasi

Kemudian, Ponpes Progresif Bumi Sholawat, Universitas Islam Bandung (Unisba), Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Universitas Yudharta Pasuruan, Universitas Darul Ulum Lamongan, Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo dan US-Inter Global University dari Somalia.