INDONESIAONLINE – Idul Fitri merupakan momen bersuka cita bagi seluruh umat Islam. Pada hari ini, pintu maaf dibuka dan segala berkah mengalir deras. Tak jarang, Idul Fitri adalah momen berbagi kebaikan untuk sanak saudara.

Di hari yang suci ini, salah satu ibadah yang bisa dilakukan adalah berdoa. Doa yang bisa dibaca adalah doa memohon rezeki di hari raya.

Berdoa memohon rezeki merupakan sebagian dari usaha. Karena Idul Fitri merupakan hari yang istimewa, berdoa di hari ini bisa mendatangkan keberkahan.

Adapun doa yang bisa diamalkan untuk menarik rezeki di antaranya seperti berikut yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Doa memohon rezeki berlimpah

Doa pertama

Rabbana anzil ‘alaina ma’idatam minas sama’i takunu lana ‘idal li’ awwalina wa akhirina wa ayatam minka warzuqna wa anta khairur raziqin.

Baca Juga  Doa Mohon Hujan Berhenti dan Cuaca Kembali Cerah

Artinya: ” Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan-Mu, berikanlah kami rezeki dan Engkaulah Pemberi rezeki yang paling utama.”

Doa kedua

Allahumma inni as-aluka an tarzuqoni rizqon halalan wasi’an thoyyiban min ghoiri ta’abin wala masyaqqotin wala dhoirin wala nashobin innaka ‘ala kulli syai-in qodir.

Artinya: ” Ya Allah, aku minta pada Engkau agar melimpahiku rizki yang halal, luas, dan baik tanpa kesusahan, tanpa kemelaratan dan tanpa kepayahan. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.”

Doa ketiga

Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’an wa rizqan waasi’an wa syifaa-an min kulli daa-in.

Baca Juga  6 Doa Ini Dilarang dalam Islam

Artinya: “ Ya Allah, aku memohon kepada Engkau ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan kesembuhan dari segala penyakit.”

Doa mencegah rasa kekurangan dan menarik rezeki.

Doa mencegah rasa kekurangan

Allahumma Ikfina bikhalalika ‘an kharamika wa bitho’atika ‘an ma’shiyatika wa bi fadllika ‘amman siwaka.

Artinya: ” Ya Allah, cukupilah kami dengan yang halal sehingga kami tidak menyentuh yang haram, dengan ketaatan kepada-Mu, sehingga kami tidak mendekati kedurhakaan dan dengan anugerah-Mu, sehingga kami tidak menoleh kepada selain Engkau.”

Doa menarik rezeki

Rabbi inni lima anzalta ilayya min khoirin faqir.

Artinya: ” Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau Turunkan kepadaku.”

Nah itulah doa yang bisa kamu amalkan saat momen Lebaran nanti agar rezeki mu semakin lancar dan berkah. (mut/hel)