INDONESIAONLINE – Lampri, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Timur (Kakanwil BPN Jatim) gerak cepat (gercep) untuk menjalankan pesan-pesan penting Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam pelayanan pertanahan.
Sehari setelah dilantik AHY, Lampri langsung mengadakan rapat untuk mempercepat peningkatan pelayanan pertanahan di wilayahnya, Rabu (10/7/2024). Dalam rapat tersebut, Lampri menyampaikan pesan-pesan penting dari AHY kepada stafnya.
Menurut Lampri, Kanwil BPN Provinsi Jawa Timur memiliki tanggung jawab besar sebagai barometer dalam pelayanan pertanahan. “Menteri ATR BPN Agus Harimurti Yudhoyono, sekjen, dan para dirjen telah memberikan target-target yang harus kami capai,” ujarnya.
Beberapa arahan yang disampaikan termasuk peningkatan penyerapan anggaran serta komitmen untuk menyelesaikan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) pada Oktober 2024.
Lampri juga menekankan perlunya percepatan deklarasi kota lengkap, terutama untuk Kantor Pertanahan Kota Pasuruan serta memberikan dukungan untuk mengatasi hambatan yang mungkin terjadi di Kantor Pertanahan Malang dan Kota Batu.
Ia menambahkan bahwa Kantor Pertanahan Pacitan diharapkan dapat mendeklarasikan diri sebagai kabupaten lengkap pada Oktober 2024.
“Demi mencapai tujuan Pacitan sebagai kabupaten lengkap, saya akan langsung turun ke lapangan untuk berkoordinasi dengan semua pihak terkait di sana,” katanya.
Selain itu, ia memerintahkan agar seluruh kantor pertanahan di Jawa Timur menyediakan layanan elektronik kepada masyarakat. “Semua kantor pertanahan harus melaksanakan layanan elektronik mulai bulan Juli ini,” tegasnya.
“Kita tidak boleh menemui kendala dalam hal ini karena Jawa Timur telah melaksanakan layanan tersebut sejak lama, sekarang kita hanya perlu memperluas dan meningkatkan implementasinya. Selain itu, tujuh layanan prioritas harus selalu menjaga kualitasnya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” lanjutnya.
Lampri juga mengajak para kepala kantor pertanahan di kabupaten/kota di Jatim untuk lebih banyak berinovasi dan berkompetisi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat (mcm/dnv).