JATIMTIMES – Abu vulkanik kembali menerpa kaki Gunung Semeru. Tiga dusun yang berada di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang kembali terdampak.

Pantauan media ini sejak pukul 10.00 WIB, di Kecamatan Pronojiwo angin kencang menerpa, sehingga membawa abu vulkanik. Dari situ, warga yang masih trauma akan kejadian semalam berlarian untuk menyelamatkan diri.

Salah satu warga yang berhasil ditemui, Ahmad Yasin mengatakan bahwa semburan abu vulkanik kembali turun karena terbawa angin kencang. Oleh karena itu, ia bersama warga lain segera meninggalkan lokasi rumahnya untuk menyelamatkan diri.

“Lari semua mas, abu tebal datang. Kami khawatir keselamatan kami,” kata Yasin saat masih berada di atas sepeda motornya.

Baca Juga  Angin Segar bagi ASN Pemkab Pamekasan, Bupati akan Cairkan TPP Tahun Ini

Yasin mengaku, warga sengaja lari karena memang abu vulkanik datang secara kencang. Bahkan karena erupsi, beberapa rumah warga ada yang roboh karena tak kuat menahan beban abu vulkanik.

“Parah memang mas, di sana banyak rumah warga terdampak. Bahkan ada yang sampai roboh,” ungkap Yasin dengan nafas terengah-engah.

Lebih lanjut, Yasin menjelaskan bahwa di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang terdapat tiga dusun yang terdampak parah akibat erupsi Gunung Semeru. Tiga di antaranya yakni Dusun Umbulan, Dusun Sumbersari dan Dusun Kamar A.

Berdasarkan pantauan media ini di lapangan, warga berhamburan untuk menyelamatkan diri dengan mengendarai kendaraan masing-masing. Beberapa di antaranya juga menyelamatkan hewan peliharaannya seperti sapi dan kambing.

Baca Juga  Serunya Kenduri Takir Plonthang, Peringatan Suroan di Perempatan Desa Bendilwungu



Hendra Saputra