INDONESIAONLINERajab merupakan bulan ketujuh dalam kalender Hijriah. Rajab sendiri berasal dari kata at-tarjib yang artinya ‘memuliakan’. Selain itu, Rajab juga diartikan sebagai bulan istimewa, karena merupakan salah satu bulan haram.

Mengapa bulan haram? Pasalnya kaum muslimin dilarang melakukan peperangan maupun perbuatan haram. Sebaliknya, selama bulan haram ini, umat muslim sangat dianjurkan untuk meningkatkan ketaatan dengan melakukan berbagai amal kebaikan. Seperti puasa, salat malam, zikir dan memperbanyak selawat dengan harapan akan memperoleh keberkahan dari Allah SWT.

Sebagai bulan istimewa, pendiri Majelis Ta’lim Sabilu Taubah Muhammad Iqdam Kholid atau dikenal Gus Iqdam membagikan amalan anti miskin atau melancarkan urusan rezeki yang wajib dibaca pada bulan Rajab ini. Menurut Dia, hari Jumat terakhir di bulan Rajab merupakan waktu yang istimewa untuk mengijazahkan amalan anti miskin tersebut.

Baca Juga  5 Penyesalan Mayat di Alam Kubur, Jangan Sampai Kamu Mengalaminya

Mengko ning tanggalanmu bunderono golekono tenan, Jumat terakhir bulan Rajab. Wes aku wes nglakoni kui. (Nanti di tanggalanmu tandai dan cari kapan Jumat terakhir bulan Rajab. Saya sudah melakukan amalan ini),” kata Gus Iqdam, dikutip TikTok Panutan Umat.

Menurut Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hikam II di Desa Karanggayam, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar, amalan tersebut sebaiknya dibaca di antara khutbah Jumat pertama dan khutbah kedua. Jika para perempuan yang tak melaksanakan salat jumat maka bisa diamalkan di rumah saat Jumat terakhir di bulan Rajab.

Setelah mengamalkan amalan tersebut, Gus Iqdam mengaku tak pernah mengalami kehabisan rokok. Dia juga mengaku dengan mengamalkan bacaan ini urusan rezeki selama setahun lancar dan tak pernah kehabisan uang. Berikut ini bacaannya:

Baca Juga  5 Tanda Salat Diterima Allah SWT Kata Ustaz Adi Hidayat, Bisa Dirasakan oleh Kita

أَحْمَدُ رَسُوْلُ اللهِ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ

Ahmad Rasûlullâh Muhammad Rasûlullâh

Artinya, “Ahmad utusan Allah, Muhammad utusan Allah.”

Menurut Gus Iqdam, amalan di atas dibaca sebanyak 35 kali di antara kedua khutbah, pada Jumat terakhir Rajab.

Mpun duit ora entek-entek. Unlimited. (Uang tidak akan habis-habis. Unlimited),” ucap Gus Iqdam.

Lantas kapan Jumat terakhir bulan Rajab? Mengacu pada Kalender Hijriah Indonesia 2024 yang diterbitkan Kemenag RI, tanggal 1 Rajab 1445 H jatuh pada hari Sabtu, 13 Januari 2024. Kemudian hari Jumat pertama di bulan Rajab bertepatan dengan tanggal 18 Januari 2024.

Sementara itu, jumat terakhir bulan Rajab jatuh pada tanggal 9 Februari 2024. Berdasarkan kalender hijriah, Jumat terakhir ini bertepatan dengan tanggal 28 Rajab 1445 H.