Pemerintahan

Bunda Fey Tekankan Upaya Pencegahan Perundungan dan Kekerasan Anak Ditingkatkan

10
×

Bunda Fey Tekankan Upaya Pencegahan Perundungan dan Kekerasan Anak Ditingkatkan

Sebarkan artikel ini
Bunda Fey Tekankan Upaya Pencegahan Perundungan dan Kekerasan Anak Ditingkatkan

INDONESIAONLINE – Ketua TP PKK Kota Kediri sekaligus Bunda PAUD Kota Kediri Ferry Silviana Abdullah Abu Bakar menekankan agar upaya pencegahan dari perundungan atau bullying dan kekerasan terhadap anak terus ditingkatkan. 

Apalagi belakangan ini kasus perundungan pada anak marak terjadi di lingkungan sekolah. Hal itu ditekankan Ferry Silviana Abdullah Abu Bakar saat membuka Workshop Pencegahan Perundungan/Bullying dan Anti Kekerasan Terhadap Anak Usia Dini, Senin (6/3) di Ruang Ki Hajar Dewantara Dinas Pendidikan. 

“Akhir-akhir ini kita dikejutkan oleh beberapa kasus kekerasan yang membuat hati kita perih. Terkini ada anak bunuh diri karena aksi bullying. Saya tidak bisa membayangkan anak sekecil itu bisa depresi hebat dan memilih jalan untuk bunuh diri. Hal seperti itu harus menjadi perhatian kita bersama,” ujarnya.

Wanita yang akrab disapa Bunda Fey mengatakan upaya preventif yang baik dapat meminimalisir aksi perundungan dan kekerasan terhadap anak. Di usia PAUD dan TK anak-anak juga harus memahami pendidikan seksual yang memang seharusnya mereka ketahui.  Anak-anak harus paham bagian mana saja yang tidak boleh disentuh oleh orang lain. 

Baca  Bawaslu Semprit KPU: Pelanggaran Administrasi Keterwakilan Perempuan

“Pendidikan seksual sejak dini penting untuk diberikan sebagai upaya preventif. Tidak boleh ada pemakluman dari aksi perundungan dan kekerasan,” ungkapnya.

(Foto: Dok. Istimewa)

Istri Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar ini juga mengingatkan pentingnya peran orang tua untuk mencegah aksi perundungan dan kekerasan pada anak. Orang tua memiliki peran utama kepada anak. Meskipun banyak orang tua yang sibuk namun kedekatan dengan anak harus terus dilakukan. 

“Orang tua harus menjadi benteng nomor satu untuk anak-anak. Kalau terjadi apa-apa terhadap anak, seorang anak ini mau cerita karena memiliki kedekatan dengan orang tua. Makanya peran orang tua ini juga tidak kalah penting,” tekannya.

Dalam kegiatan ini, juga dilakukan penandatanganan Deklarasi Pencegahan Kekerasan Pada Anak di Satuan Pendidikan. Penandatanganan dilakukan oleh Bunda PAUD Kota Kediri, forum PAUD, GOPTKI, IGTKI, Himapudi, Komite Sekolah, pendidik, yayasan Lembaga Perlindungan Anak, dan Pokja Anti Kekerasan.

Turut hadir, Plt Kepala Dinas Pendidikan Marsudi, Kabid Perlindungan Perempuan dan Anak DP3AP2KB Siti Nurlaila Istiqomah, perwakilan Yayasan Lembaga Perlindungan Anak Kota Kediri Ulul Hadi, Kepala Pusat Studi Gender dan Anak LPPM IAIN Luthfi Atmasari, forum PAUD, GOPTKI, IGTKI, Himapudi, Komite Sekolah, pendidik, pengawas TK dan penilik PAUD, pengelola PAUD, dan tamu undangan lainnya.

Baca  Viral Tagar #BeaCukaiHedon, Netizen Soroti Kepala Bea Cukai DIY yang Pamer Moge dan Mobil Antik