Salah satu cara terbaik dalam melakukan social media marketing adalah menguasai cara promosi di Instagram.

Kegiatan marketing di era yang semakin digital ini membutuhkan social media untuk bisa meningkatkan branding dan penjualan. 

Instagram sudah menjadi platform populer dalam strategi social media marketing, baik untuk menaikkan branding maupun penjualan.

Nah, berikut ini kami akan membagikan beberapa cara yang bisa Anda ikuti dalam melakukan promosi bisnis di Instagram.

  1. Menyiapkan Akun Instagram Bisnis yang Informatif

Sebelum melakukan promosi produk di Instagram, tentu Anda harus mempersiapkan akun bisnisnya terlebih dahulu.

Sebaiknya Anda memilih nama akun yang memang sesuai dengan nama brand Anda. Jika belum memiliki nama brand, Anda bisa menggunakan nama yang sesuai dengan kata kunci bisnis Anda.

Pada bagian “bio”, Anda bisa melengkapi semua informasi penting dari bisnis Anda, mulai dari kontak, alamat, maupun kategori penawaran dan produk yang Anda tawarkan.

Untuk menambah kepercayaan audiens terhadap bisnis Anda, tambahkan kontak dan alamat website bisnis Anda.

Gunakan foto profil instagram yang sesuai agar calon pelanggan Anda bisa mengingat dan mengenali bisnis Anda, seperti logo atau foto produk yang dijual.

Gunakan rasio 1:1 dan ukuran 150×150 pixel pada foto profil akun Instagram bisnis Anda.

  1. Feeds yang Menarik

Platform social media marketing seperti Instagram bisa mendapatkan jangkauan dengan luas apabila Anda bisa menampilkan feeds atau unggahan yang menarik.

Anda bisa menyiapkan beberapa postingan mengenai penggunaan produk sebagai salah satu cara promosi di Instagram.

Sebagai social media marketer, Anda juga harus bisa menentukan posisi brand dan usaha dalam lini bisnis yang ingin disasar.

Tentukan target pasar dari bisnis dan gunakan bahasa dan sapaan yang sesuai bagi para audiens Instagram Anda nantinya.

  1. Membuat Konten Foto & Video secara Konsisten

Cara promosi di Instagram yang selanjutnya adalah dengan memproduksi konten foto dan video secara konsisten.

Baca Juga  Blokir Menu Cookie, Google Chrome: Jadikan Internet Lebih Pribadi

Instagram saat ini sudah menggeser optimasi mereka pada video pendek dalam format Reels, yaitu video berdurasi 15 hingga 1 menit dengan format portrait.

Kekuatan visual dari video Reels memang terbukti memiliki daya tarik dan keefektifan yang lebih besar dalam social media marketing.

Jadi, Anda harus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan trend. Lakukan produksi konten mulai dari cara memakai produk, mini-vlog, testimoni, dengan menggunakan format Reels.

Misalnya ketika Anda menjual produk elektronik, Anda bisa menyediakan video cara pemakaian produk beserta spesifikasi dan fitur yang ada di dalamnya.

  1. Rutin Produksi Konten dan Story

Dengan melakukan posting konten secara rutin, Anda berkesempatan untuk bisa mendapatkan jangkauan lebih sering.

Hal tersebut bertujuan untuk menjaga interaksi dengan followers agar selalu bisa terjalin dengan baik. Untuk itu, akan sangat baik jika Anda bisa mempertahankan konsistensi adanya postingan baru di setiap harinya.

Postingan yang lebih sering juga akan meningkatkan ketertarikan dari audiens untuk menjadi follower setia. Dengan begitu, followers Anda akan bertambah dan jangkauan konten yang Anda dapatkan juga semakin luas.

Manfaatkan fitur Story atau Cerita Instagram untuk membagikan kegiatan bisnis maupun konten-konten ringan. Anda bisa mengumpulkan semua Story tersebut menjadi satu Highlight seperti “Testimoni”, “Produk Terbaru”, “Promo Bulan Ini”, dsb.

Jika kehabisan ide, Anda bisa melakukan postingan ulang dengan menggunakan stok foto atau video lama, namun disajikan dengan sudut yang berbeda.

Anda juga bisa memanfaatkan foto testimoni dan video review yang pernah dibagikan oleh pelanggan Anda.

Jangan lupa untuk mention username mereka agar dapat mereka bagikan pada audiens mereka sendiri. Dengan begitu Anda akan mendapatkan target pasar yang mirip dengan orang tersebut.

  1. Jadikan Instagram Business

Salah satu syarat dalam cara promosi di Instagram adalah dengan menggunakan Instagram business sebagai akun utama dalam melakukan social media marketing.

Baca Juga  Penjahat Siber Mulai Manfaatkan AI, Sukar Terdeteksi

Dengan Instagram business, kita bisa mencantumkan informasi kontak mulai dari nomor telepon, alamat, website, link toko, etalase produk, dan juga email yang bisa diakses langsung oleh pengguna Instagram lainnya.

Caranya adalah dengan menghubungkan akun Instagram dengan akun Fanpage Facebook. Kemudian, secara otomatis, akun Instagram Anda akan menjadi akun Instagram business.

  1. Meningkatkan Engagement Rate

Engagement Rate (ER) adalah rasio interaksi audiens (like, comment, share) terhadap konten yang ada di media sosial kita.

Strategi social media marketing di zaman ini memang harus difokuskan pada peningkatan engagement rate, agar sebuah bisnis bisa mendapatkan jangkauan lebih luas dan cepat.

Salah satu cara meningkatkan ER di Instagram dengan cepat dan masif adalah dengan menggunakan fitur iklan Instagram.

Meskipun berbayar, cara ini cukup ampuh dalam mendapatkan lebih banyak jangkauan, like,  dan followers Instagram secara tertarget.

Kendati demikian, fitur iklan pada Instagram memang cukup sulit bagi yang belum terbiasa menggunakannya.

Untuk itu, Anda juga bisa menggunakan jasa like, komen, dan follow Instagram dari Rajakomen.com.

Rajakomen adalah sebuah platform terpercaya untuk meningkatkan Engagement Rate, dengan cara memberikan komentar baru secara cepat bagi setiap konten Anda.

Dengan jumlah komentar yang semakin meningkat, hal tersebut akan memicu penambahan angka ER pada akun Instagram Anda. Dengan begitu akun Instagram akan semakin mendapatkan eksposure lebih sering dan bahkan bisa muncul dalam halaman eksplore.