INDONESIAONLINE – Ada tiga faktor penyebab kecelakaan. Pertama, manusia sebagai pengendara terkait teknik berkendara, etika, pengetahuan, maupun emosi. Kedua, faktor kendaraan. Dan ketiga adalah faktor lingkungan seperti cuaca, kondisi jalan, dan pengendara lain seperti musim hujan yang masih sering terjadi di beberapa daerah.  

Saat hujan turun, jalan akan menjadi basah yang berpotensi mengakibatkan motor selip karena jalan yang licin maupun melewati jalan yang berlubang dan tertutup oleh genangan air. Selain mempersiapkan perlengkapan berkendara, beberapa hal ini yang perlu pengendara perhatikan agar #Cari_Aman saat berkendara di jalan.

Hal pertama yang wajib diperhatikan yakni kondis kendaraan, terutama kondisi ban. Pastikan tekanan angin ban sesuai dengan yang direkomendasikan pabrikan. Selain itu pastikan  rem bekerja dengan baik.

Baca Juga  Dianggap Jadi Pahlawan Kesiangan dan Sekedar Numpang Foto, Petugas Lalin Dishub Dikeluhkan Warga

“Harus diperhatikan tekanan anginnya. Jika tekanan angin berkurang, tekanan angin bisa ditambah karena ban kurang angin berpotensi membuat kendaraan tergelincir. Terlebih di jalanan yang licin,’’ kata Dimas Satria, instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim.

Selanjutnya yang perlu diketahui yakni teknik pengereman. Saat jalan basah, traksi ban ke aspal berkurang dan jalan menjadi terasa lebih licin. Hal ini rawan membuat pengguna motor slip hingga terjatuh, khususnya jika pengendara tidak menjaga kecepatan aman dan mengerem dengan baik saat akan memperlambat kecepatan.

Saat melakukan pengeraman, torsi kekuatan saat mengerem dikurangi agar roda motor tidak terkunci. Kurangi kecepatan dan jaga jarak aman dengan kendaraan lain. Hindari genangan air dijalan sebab roda kendaraan bisa kehilangan daya cengkeram akibat aquaplaning.

Baca Juga  Komunitas Honda Malang Tutup Tahun dengan Kegiatan Sosial

Pada sepeda motor Honda yang sudah dilengkapi dengan fitur yang juga bisa membantu sisi keamanan pengendara adalah anti-lock braking system (ABS). ABS yang membuat kontrol pengereman semakin optimal. Fitur ini  ada di beberapa motor saja. Salah satunya adalah yang ada di motor tipe metik Honda PCX160, Honda ADV dan Honda Vario160.

“Pengedara motor harus menguasai teknik berkendara untuk mengurangi potensi bahaya bagi pengendara yang lain dengan mengikuti pelatihan safety riding. Dengan semangat Sinergi bagi Negeri, MPM Honda Jatim konsisten mengampanyekan keselamatan berkendara kepada masyarakat dalam menanamkan pemikiran baik perilaku #Cari_aman saat di jalan.” tutup Dimas.