Indonesia Bekuk Filipina, Bung Towel Dilempar Botol

Bung Towel mendapat lempara botol suporter dalam nobar Timnas Indonesia vs Filipina, Selasa (11/6/2024) malam kemarin (youtube)

INDONESIAONLINE – Tim nasional Indonesia berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 dalam kualifikasi babak kedua Piala Dunia 2026 zona Asia. Kemenangan yang membawa kebahagiaan bagi para pendukung timnas ini sayangnya tercederai dengan insiden kurang menyenangkan yang terjadi di acara nonton bareng (nobar) di kawasan Jakarta.

Salah satu pengamat sepak bola terkemuka, Tommy Welly, atau yang akrab disapa Bung Towel menjadi korban dalam insiden tersebut.

Dalam sebuah video berdurasi 26 detik yang diunggah oleh akun Instagram @garuda.gpt, terlihat Bung Towel sedang berdiri di atas panggung ketika tiba-tiba terdengar teriakan kasar dari seorang suporter yang memanggilnya dengan kata-kata tidak pantas. Pada detik ke-7, seorang suporter melempar botol minuman ke arah Bung Towel.

Rekan Bung Towel, Oki Rengga, yang juga berada di atas panggung, segera menegur suporter tersebut dengan nada tinggi, menunjukkan kemarahannya terhadap tindakan tersebut.

“Heh, di atas panggung ini bukan cuma Towel, tapi ada aku juga. Jangan lempar-lempar kalian,” ujar Oki dengan tegas.

Pembawa acara juga turut menegur suporter agar tidak melakukan tindakan tidak sopan selama acara nobar berlangsung. Insiden ini terjadi di tengah kontroversi kritik keras yang sering dilontarkan oleh Bung Towel terhadap pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yang dinilainya belum berhasil membawa gelar juara untuk Indonesia.

Selain itu, Bung Towel juga mengkritik program naturalisasi yang dilakukan oleh timnas Indonesia, termasuk pemain terbaru Calvin Veldonk dari Belanda yang bermain dalam laga melawan Filipina.

Meskipun insiden tersebut menodai suasana nobar, kemenangan Indonesia dengan skor 2-0 atas Filipina memastikan timnas Indonesia lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dan sekaligus meraih tiket ke Piala Asia 2027 di Arab Saudi (bn/dnv).