H. Nano Hermawan, Salah Seorang Pengurus NU Ranting Singonegaran saat membagikan sayur kepada warga (Photo H Nano for jtim Times)

JATIMTIMES – Beragam kegiatan digelar memperingati Hari Lahir (Harlah) ke-96 tahun Nahdlatul Ulama (NU). Pengurus NU Ranting Singonegaran Kecamatan Banyuwangi ini memperingatinya dengan Mborong Mlijoan atau memborong sayuran yang dijajakan pedagang keliling untuk dibagikan  kepada warga setempat yang dinilai layak mendapatkan bantuan.

Menurut H. Nano Hermawan, salah seorang Pengurus NU Ranting Singonegaran, dalam masa pendemi yang dalam beberapa waktu terakhir di beberapa daerah ada peningkatan kasus Corona varian Omicron, pihaknya memilih cara yang lebih aman dan tidak menggelar peringatan Harlah seperti sebelum ada pendemi Covid 19.

“Kami menggelar program Mborong Mlijoan sebagai bentuk kepedulian kepada penjual sayur keliling (Mlijo) kemudian sayurnya dibagikan kepada warga di sekitar lingkungan yang memang layak mendapatkan bantuan,” jelas H Nano di rumahnya Jumat (04/02/2022).

Baca Juga  Tabrak Dinding Pembatas Sungai, Dua Remaja Perempuan di Kota Batu Meninggal Dunia

Dalam pelaksanaan awal program Mborong Mlijoan dari dana iuran pengurus dan para dermawan, pihaknya mampu membeli 40 paket sayur mayur yang selanjutnya dibagikan kepada warga lingkungan Gentengan dan Singomayan Timur kelurahan Singonegaran Banyuwangi.

Selanjutnya dia menuturkan ke depan Pengurus NU Ranting Singonegaran sepakat untuk menggelar kegiatan berbagi secara berkelanjutan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar dan tidak mengandalkan bantuan dari pihak lain.

“Kami mencoba menggugah kepedulian bagi warga yang diberi kelonggaran rezeki untuk berbagi dengan warga kurang beruntung yang ada di lingkungan sekitarnya. Kami berharap ke depan lebih banyak donatur yang terlibat sehingga akan lebih banyak warga yang terbantu,”  imbuh H Nano.

Baca Juga  ODOL, Truk Pengangkut Kertas Terguling di Bundaran SMPN 5

 



Nurhadi Joyo