INDONESIAONLINE – Bagi kamu yang sedang merantau untuk menimba ilmu maupun bekerja dan harus tinggal di indekos, pasti hal yang sering sekali terlontar di pikiran adalah “hari ini mau makan apa ya?”. 

Menu makanan yang itu-itu saja tiap harinya tentu akan membuat kamu bosan. Nafsu makan pun menurun. Sangat berbeda jika kita berada di rumah yang biasanya sudah tersaji tanpa kita perlu memikirkan hal itu.

Umumnya anak indekos selalu memilih makanan yang murah agar menghemat pengeluaran mereka tanpa memikirkan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Jika sudah seperti itu, maka tubuh akan mudah terserang penyakit karena tidak mendapat nutrisi yang cukup. Menu andalan anak indekos pasti tak jauh dari olahan ayam. Misalnya ayam goreng, ayam geprek, ayam krispi, ayam bakar, telur ayam, nugget ayam, dan sebagainya.

Baca Juga  Estetik dan Higienis, Kreasi Besek Warga Jombang ini Cocok untuk Kemasan Makanan

Padahal sebenarnya  tidak sulit mencari makanan yang bisa mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi dengan harga yang murah tentunya. Inilah rekomendasi makanan murah tapi bernutrisi yang wajib dicoba anak indekos sebagai variasi makanan sehari-hari.

 1. Cah Kangkung

Salah satu makanan murah yang mengandung banyak nutrisi adalah kangkung. Kangkung merupakan sayuran yang mengandung banyak vitamin dan rendah kalori. Kangkung juga kaya akan antioksidan yang baik untuk tubuh.

2. Capcay

Dalam capcay terdapat berbagai macam sayuran seperti kol, wortel,sawi, buncis, brokoli, dan lainnya. Selain memiliki kandungan nutrisi yang baik, capcay juga mudah dicari seperti di warung-warung yang menjualnya di pinggir jalan.

3. Olahan Jamur

Menurut Health Line, jamur rendah kalori dan kaya serat, protein, vitamin, juga mineral. Jamur juga mengandung antioksidan, selenium, dan vitamin D2. Beberapa contoh masakan dari olahan jamur yakni pepes jamur, tumis jamur saus tiram,sambal jamur, dan banyak lagi.

Baca Juga  Outfit Nuansa Merah ala Selebriti, Bisa Jadi Ide Outfit Natalmu

4. Ikan Lele

Meskipun harga ikan lele tak mahal, faktanya kaya akan protein, lemak, zat besi, fosfor, dan vitamin D. Biasanya ikan lele disajikan dengan cara digoreng dan diberi sambal dan lalapan untuk menambah cita rasa.

5. Telur Asin

Telur bebek yang dibuat dengan cara mengawetkan telur menggunakan garam juga bisa menjadi hidangan yang lezat. Telur asin diketahui baik untuk kesehatan kulit dan mata. Manfaat lain telur asin adalah mampu mengatasi tekanan darah tinggi dan mencegah anemia.

 Itu dia beberapa makanan yang ramah di kantong namun memiliki banyak gizi dan nutrisi untuk tubuh. Tentunya sangat cocok untuk anak indekos yang bingung mencari makanan murah selain olahan ayam.