Wisata

Kabupaten Blitar Siapkan Terminal Wisata di Jalur Pantai Selatan

13
×

Kabupaten Blitar Siapkan Terminal Wisata di Jalur Pantai Selatan

Sebarkan artikel ini

INDONESIAONLINE – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Blitar tengah mengambil langkah progresif dengan merancang fasilitas pendukung pariwisata di jalur pantai selatan (Pansela). Terobosan terbaru mereka adalah rencana membangun Terminal Wisata di ruas Tambakrejo-Serang, jalur Pansela.

Menurut Kepala Disbudpar Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso, langkah ini dilakukan sebagai bagian dari upaya memperkaya pengalaman wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut.

“Saat ini, jalur Pansela lot 7 Blitar sepanjang lebih kurang 63 kilometer yang sudah menyambung baru ruas Tambakrejo-Serang,” ungkap Suhendro pada Rabu (18/4/2024), menegaskan pentingnya pengembangan infrastruktur pariwisata di daerah tersebut.

Dalam pernyataannya, Suhendro menjelaskan bahwa Disbudpar telah menyiapkan master plan pembangunan fasilitas pendukung pariwisata di jalur Pansela ruas Tambakrejo-Serang.

“Kami mulai merancang Terminal Wisata. Terminal Wisata ini seperti rest area, tapi lebih kecil. Rencananya, Terminal Wisata kami bangun ruas Tambakrejo-Serang, karena jalur itu yang sudah menyambung,” katanya.

Pihak Disbudpar juga telah melakukan survei lokasi untuk pembangunan Terminal Wisata tersebut. Dengan sesuai rencana, Terminal Wisata direncanakan akan dibangun di sekitar Pantai Pudak yang terletak di jalur Pansela ruas Tambakrejo-Serang.

Baca  Remaja Asal Mojokerto yang Tenggelam di Pantai Serang Blitar Akhirnya Ditemukan

“Kami sudah survei lokasi, yang sesuai (untuk Terminal Wisata) di sekitar Pantai Pudak. Tetapi luasnya belum mencukupi untuk rest area, makanya kami namakan Terminal Wisata,” jelas Suhendro.

Tidak hanya itu, Disbudpar juga akan berkolaborasi dengan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) dalam menyiapkan fasilitas pariwisata tersebut. Menurut Suhendro, tugas Disbudpar adalah menyiapkan konsep wajah wisata seperti model bangunan di jalur Pansela, sementara pelaksanaan teknisnya akan dilakukan oleh OPD lain seperti DPUPR.

Lebih lanjut, Suhendro mengungkapkan bahwa Disbudpar tengah mempersiapkan promosi dan pembinaan sumber daya manusia (SDM) untuk pengembangan pariwisata di jalur Pansela.

“Kami punya 42 pantai di sepanjang jalur Pansela. Selain Tambakrejo dan Serang, sekarang pantai baru yang sudah dilaunching Serit dan Pudak. Pantai lainnya menyusul setelah semua siap,” tambahnya.

Dengan langkah-langkah konkret ini, Disbudpar Kabupaten Blitar menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan potensi pariwisata di daerah tersebut. Terminal Wisata yang direncanakan akan menjadi salah satu fasilitas unggulan yang meningkatkan kenyamanan dan pengalaman wisata bagi pengunjung yang datang ke jalur Pansela.