INDONESIAONLINE – Marsekal Madya (Marsdya) TNI Mohamad Tonny Harjono menjadi KSAU (kepala staf Angkatan Udara) baru menggantikan Marsekal Fadjar Prasetyo. Marsekal Fadjar akan memasuki masa pensiun pada 9 April.

Pengangkatan Tonny, yang saat ini menjabat  pangkogabwilhan (panglima komando gabungan wilayah pertahanan) II,  telah diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat keppres. Keputusan presiden tersebut diteken pada 25 Maret 2024.

Selain pengangkatan Tonny, keppres itu sekaligus memberhentikan dengan hormat Marsekal Fadjar Prasetyo dari jabatannya sebagai KSAU.

“Presiden telah menandatangani Keppres Nomor 20/TNI/Tahun 2024 tanggal 25 Maret 2024 tentang pemberhentian dengan hormat Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dari jabatannya sebagai KSAU dan pengangkatan Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai KSAU yang baru,” kata Koordinator Stafsus Presiden, Ari Dwipayana, Selasa (2/4/2024).

Baca Juga  Mendarat di Chengdu, Jokowi Langsung Disambut Mobil Mewah Produksi China

Pelantikan Tonny, menurut Ari, bakal dilakukan dalam waktu dekat. Keppres itu juga berlaku sejak pelantikan.

Sebelumnya, Marsekal Fadjar dilantik menjadi KSAU pada 20 Mei 2020 lalu. Marsekal Fadjar lahir pada 9 April 1966. Artinya, pada 9 April 2024, ia akan berusia 58 tahun dan memasuki usia pensiun. Hal ini merujuk Pasal 53 Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia (UU TNI).

Pada pasal 53 UU TNI disebutkan prajurit melaksanakan dinas keprajuritan sampai usia paling tinggi 58 tahun bagi perwira serta 53 tahun bagi bintara dan tamtama.

Sementara, Tonny merupakan bintang tiga termuda di AU. Dia merupakan penerbang tempur alumni AAU 1993.

Baca Juga  Pujian Jokowi untuk Mahfud: Menko Polhukam Terlama di Kabinetnya

Rekam jejak Tonny banyak beririsan dengan kegiatan kepresidenan.  Tonny pernah menjadi ajudan Presiden Jokowi. Dia juga pernah menjabat danlanud Adi Soemarmo Solo, danlanud Halim Perdana Kusuma, hingga sekretaris militer presiden. (red/hel)