INDONESIAONLINE – Media sosial saat ini menjadi bagian dari kehidupan manusia di berbagai belahan dunia. Mulai bangun tidur hingga dalam menjalani aktivitas lainnya,  media sosial tak pernah lepas. Hal ini dibuktikan dengan sebuah survei 2023 hingga data per 2024 yang dilakukan dari beberapa lembaga survei, yakni Global Web Index (GWI), data.ai dan We Are Social.

Hasil penelitian  terungkap, bahwa pengguna media sosial menghabiskan waktu 2 jam 23 menit per hari untuk akses berbagai macam platform media sosial.

Sementara, data dari We Are Social, platform TikToK menempati urutan pertama aplikasi yang paling lama diakses oleh pengguna media sosial dunia. Perbulan, waktu akses TikTok oleh pengguna mencapai total 34 jam.

Disusul dengan YouTube yang diakses oleh pengguna selama 28 jam 5 menit setiap bulannya. Kemudian, Facebook diakses selama 19 jam 47 menit oleh pengguna setiap bulannya.

WhatsApp menempati urutan berikutnya, pengguna mengakses WhatsApp dengan totoal waktu 17 jam 5 menit seriap bulannya. Di bawahnya ada Instagram yang diakses selama 15 jam 50 menit perbulannya.

Selanjutnya ada Line dengan waktu akses perbulan mencapai 8 jam 14 menit. Namun rata-rata akses Twitter atau X hanya 4 jam 40 menit total perbulan. Telegram diakses selama 3 jam 45 menit perbulannya.

Baca Juga  Hari Ini TikTok Shop Buka Lagi, Begini Cara Kerjanya 

Ada pula Snapchat yang diakses selama 3 jam 44 menit perbulan dan FB Mesengger yang diakses selama 3 jam 21 menit perbulannya. Pinterest dan LinkedIn juga masih diakses oleh pengguna. Masing-masing waktu akses setiap bulannya adalah 1 jam 49 menit dan 51 menit.

Sementara itu, dalam kategori negara-negara yang mengakses media sosial terlama seriap harinya, Kenya menempati urutan pertama. Pengguna media sosial di negara tersebut mengakses berbagai macam platform media sosial rata-rata 3 jam 43 menit per hari.

“Dan menarik juga untuk dicatat bahwa orang-orang Eropa cenderung menghabiskan lebih sedikit waktu di media sosial dibandingkan rekan-rekan mereka di Afrika , Asia dan Amerika Latin,” kutip dari laman datareportal.

Kemudian, ada Afrika Selatan. Pengguna di negara ini rata-rata mengakses media sosial selama 3 jam 41 menit. Brazil ada pada peringkat ketiga dengan rata-rata waktu akses per hari selama 3 jam 37 menit.
Di bawahnya ada Filipina dengan rata-rata akses pengguna selama 3 jam 34 menit.

Baca Juga  Jokowi Soroti Para Pejabat Suka Pamer Kekayaan: Tidak Pantas, Apalagi Dipajang di Medsos

Disusul Nigeria dengan rata-rata akses media sosial per pengguna selama 3 jam 25 menit. Kemudian ada Colombia dengan rata-rata akses pengguna selama 3 jam 23 menit. Selanjutnya ada Chili, dimana pengguna media sosial di negara ini rata-rata menghabiskan waktu 3 jam 22 menit.

Meksiko menjadi negara kedelapan sebagai negara yang pengguna media sosial mengakses dengan waktu yang cukup lama.  Di negara ini, rata-rata pengguna media sosial mengakses selama 3 jam 14 menit.

Dan di peringkat 9 ada Indonesia. Indonesia warganya cukup addict dengan media sosial. Pengguna di Indonesia, mengakses media sosial selama 3 jam 11 menit setiap harinya. Negara ke 10 ada Saudi Arabia. Negara ini rata-rata pengguna media sosialnya menghabiskan waktu 3 jam 6 menit per hari.

Kemudian, di bawahnya masih banyak deretan negara yang masuk dalam 53 negara dengan ekonomi berkembang yang masuk dalam survei.

Sementara itu, dalam survei yang dilakukan GWI, melibatkan mereka pengguna berusia internet berusia 16 hingga 64 tahun di 53 negara. (ang/yak)