sejarah

Menelusuri Candi Boyolangu dan Kisah Gayatri Rajapatni di Tulungagung

17
×

Menelusuri Candi Boyolangu dan Kisah Gayatri Rajapatni di Tulungagung

Sebarkan artikel ini

INDONESIAONLINE – Terletak di lereng Gunung Wilis, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur (Jatim) berdiri kokoh Candi Boyolangu, sebuah peninggalan bersejarah yang menyimpan kisah kejayaan Kerajaan Majapahit.

Candi ini juga dikenal dengan nama Candi Gayatri, menjadi saksi bisu perjalanan hidup Gayatri Rajapatni, salah satu tokoh sentral dalam sejarah Majapahit.

Dibangun pada masa pemerintahan Prabu Hayam Wuruk (1350-1389 M), Candi Boyolangu dipercaya didirikan untuk menghormati Ratu Gayatri Rajapatni, nenek Hayam Wuruk dan istri Raden Wijaya, pendiri Kerajaan Majapahit.

Keberadaan candi ini diperkuat dengan penemuan arca Dewi Tara (Prajnaparamitha) di lokasi situs, yang melambangkan kebijaksanaan dan diyakini sebagai representasi Gayatri Rajapatni.

Candi Boyolangu terbuat dari batu andesit dan bata merah, dengan arsitektur khas Majapahit. Bentuknya menyerupai candi perwara, yaitu candi kecil yang mengitari candi utama. Candi ini memiliki tiga tingkatan, dengan batur, kaki candi, badan candi, puncak candi, dan finial. Pada bagian kaki candi terdapat relief yang menceritakan kisah Ramayana dan Garuda.

Di dalam garbhagriha (ruang utama) candi terdapat arca Buddha Dhyani yang diapit oleh arca Bodhisattva. Arca-arca ini terbuat dari batu andesit dan memiliki gaya khas Majapahit. Candi Boyolangu juga memiliki avahana (alas arca) yang dihiasi dengan kala (kepala raksasa) dan makara (makhluk mitologi berkepala gajah dan berbadan naga).

Baca  Sejarah Joko Pangon: Legenda Sang Penggembala Kerbau

Candi Boyolangu tak hanya memiliki nilai sejarah, tetapi juga nilai spiritual bagi masyarakat sekitar. Candi ini sering digunakan sebagai tempat ziarah dan ritual keagamaan. Keindahan arsitektur dan nilai sejarahnya menjadikan Candi Boyolangu sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik di Jawa Timur.

Menjelajahi Makna di Balik Kemegahan

Keberadaan Candi Boyolangu menjadi pengingat akan kejayaan Kerajaan Majapahit di masa lampau. Candi ini tidak hanya menjadi tempat pemujaan, tetapi juga simbol kekuatan dan kejayaan kerajaan Hindu-Buddha terbesar di Nusantara.

Kisah Gayatri Rajapatni, seorang wanita yang tangguh dan penuh kebijaksanaan, juga terukir dalam batu-batu Candi Boyolangu.

Candi Boyolangu merupakan salah satu bukti nyata kekayaan budaya bangsa yang harus dijaga dan dilestarikan. Dengan mempelajari sejarah dan makna di balik candi ini, kita dapat memahami nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Candi Boyolangu adalah salah satu dari sekian banyak peninggalan sejarah di Indonesia yang patut dikunjungi dan dipelajari. Dengan mengunjungi candi ini, kita dapat merasakan atmosfer kejayaan masa lampau dan belajar tentang nilai-nilai budaya yang terkandung di dalamnya.

Baca  Mengulik Situs Setono Gedong, Mbah Wasil dan Sri Aji Jayabaya

Upaya pelestarian Candi Boyolangu perlu terus dilakukan agar warisan budaya ini dapat dinikmati oleh generasi sekarang dan masa depan. Kita semua bertanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan peninggalan sejarah bangsa agar tetap lestari dan menjadi sumber inspirasi bagi generasi penerus (ar/dnv).