INDONESIAONLINE – Kampus unggul bereputasi internasional menjadi visi besar Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang). Sederet upaya dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut, di antaranya dengan menyelenggarakan Workshop Kurikulum Prodi Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI).

Prodi Magister MPI, menjadi satu-satunya prodi di bawah Pascasarjana UIN Maliki Malang yang akan dilibatkan dalam akreditasi internasional bersama 8 prodi lain yang dilakukan oleh Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA) yang berpusat di Jerman.

Rangkaian kegiatan persiapan mengikuti akreditasi FIBAA dibina dan dikoordinir oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Direktur Pascasarjana Prof Dr H Wahidmurni MPd dalam sambutannya menyampaikan, review kurikulum menjadi sebuah hal yang penting. Sebab proses-proses yang akan dikerjakan, akan sangat membatu proses akreditasi yang sedang dikerjakan untuk prodi lainnya.

Baca Juga  Kuliah Kerja dari Rumah, Mahasiswa UIN Maliki Edukasi Masyarakat tentang Imbas Pernikahan Dini terhadap Kesehatan Wanita

Terlebih, saat ini Pascasarjana juga sedang berupaya untuk meningkatkan grade akareditasi unggul untuk semua program studi, yang selaras dengan kampus unggul dan bereputasi internasional. “Kedepan tentu berharap, untuk semakin banyak program studi di Pascasarjana yang diakreditasi Internasional,” paparnya.

Dalam review, berfokus pada review dan menelaah profil lulusan prodi Magister MPI serta startegi mencapai profil lulusan tersebut melalui Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), baik CPL prodi maupun capaian pembelajaran pada masing-masing mata kuliah yang disebut Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK).

Selain itu, juga dilakukan review dokumen rencana pembelajaran semester setiap mata kuliah yang ada di Prodi Magister MPI.

Dalam review kurikulum itu, dihadirkan narasumber dari Universitas Negeri Malang, Dr Mustiningsih MPd yang merupakan Kaprodi Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan, yang mana Prodinya telah terakreditasi Internasional yang secara otomatis juga berpredikat akreditasi unggul.

Baca Juga  Juara 1 Lomba Video Pendek, Guru MIN 1 Malang Harumkan Nama Sekolah di Kancah Nasional

Narasumber juga memaparkan terkait proses mengikuti kegiatan akreditasi international, mulai dari persiapan, penulisan dokumen, persiapan visitasi hingga penyusunan laporan. Gambaran umum proses akreditasi internasional juga dijelaskan oleh Ani Wilujeng Suryani, yang merupakan Koordinator Akreditasi Internasional Univesitas Negeri Malang.