Peristiwa

Pipa BBM Fuel Terminal Tuban Bocor, Satu Desa Terdampak

59
×

Pipa BBM Fuel Terminal Tuban Bocor, Satu Desa Terdampak

Sebarkan artikel ini
Pipa BBM Pertamina diduga bocor dan mengakibatkan warga Desa Tasikharjo, Tuban, Jatim terdampak dengan gejala pusing-pusing, mual dan muntah (ai/io)

INDONESIAONLINE – Malam mencekam terjadi di Dusun Plaosan, Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Jatim) pada Minggu (9/6/2024). Pipa bahan bakar minyak (BBM) Fuel Terminal Tuban PT. Pertamina diduga bocor, mengakibatkan pertalite merembes ke jalan dan lahan warga.

Kebocoran pipa BBM ini diketahui warga sekitar pukul 22.00 WIB. Akibatnya, ratusan warga Dusun Plaosan dan sekitarnya mengalami sesak nafas, mual, muntah-muntah dan pusing. Bahkan, beberapa warga terpaksa dilarikan ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan penanganan medis.

Damuri, Kepala Desa Tasikharjo, mengatakan bahwa hingga Senin (10/6/2024) pagi, pihaknya belum mendapatkan informasi detail dari Fuel Terminal Tuban PT. Pertamina terkait penyebab dan penanganan kebocoran tersebut.

“Sejak malam itu saya sudah hubungi pihak Pertamina tapi tidak respons. Kami juga belum mendapat penjelasan apapun dari Pertamina,” tandasnya.

Kebocoran pipa BBM ini menyebabkan satu desa terdampak, dengan Dusun Plaosan menjadi yang paling parah. Sejumlah warga dievakuasi ke titik kumpul Lapangan Brangkal dan Desa Sumurgeneng untuk menghindari paparan gas beracun yang timbul akibat kebocoran.

Baca  ODOL, Truk Pengangkut Kertas Terguling di Bundaran SMPN 5

Hingga saat ini, pihak Pertamina belum memberikan klarifikasi resmi terkait kebocoran pipa BBM tersebut. Diharapkan pihak terkait segera mengambil langkah-langkah untuk mengatasi kebocoran dan memberikan penjelasan kepada masyarakat (ai/dnv).