Remaja Pria Masuk ke Kolong Parade Sound System Bersuara Keras, Ini Kata Dokter THT 

INDONESIAONLINE – Sebuah video viral di media sosial platform TikTok yang memperlihatkan kerumunan pria sedang berjoget di depan parade sound system yang menyala  keras. Ada juga dua remaja pria yang kepalanya masuk ke kolong sound system sambil berjoget.

Seperti diunggah akun dokter spesialis THT (telinga hidung tenggorokan) dr Kristiawan AR SpTHT-KL melalui akun TikTok @drkris_tht, dijelaskan bahwa dirinya ditandai oleh seorang warganet di Instagram. Ia diminta untuk mengomentari fenomena viral soal kepala remaja pria yang masuk di kolong bawah sound system besar.

“Halo di sebuah video yang viral di Instagram, saya ditandai oleh seseorang agar mengomentari video di atas. Jadi  buat bapak ibu yang mempunyai anak-anak, tolong jangan mendengar musik secara langsung di depan speaker yang besar itu,” jelas dr Kris.

Menurut Kris, telinga seseorang pasti akan nyeri hebat  bahkan bisa trauma hingga gendang telinganya pecah, jika melakukan hal seperti dalam video.

“Karena kalau telinga anak bapak ibu normal, itu tentu pasti akan nyeri hebat. Bisa juga tiba-tiba trauma atau gendang telinganya sobek, atau yang tanpa kita sadari adalah fungsi pendengarannya akan segera menurun,” ungkap dia.

Menurut Kris, telinga normal bisa rusak setelah mendengarkan musik keras. Tanda-tanda telinga rusak adalah berdenging atau rasa penuh di dalam telinga dan tidak nyaman serta disertai juga gangguan keseimbangan.

“Nah, pada anak-anak ini kelihatannya ini sampai kemungkinan adalah liang telinganya ada kotoran yang sangat penuh, jadi dia tidak terlalu merasakan getaran atau tendangan dari bas yang terlalu keras,” ujar  Kris.

“Atau kemungkinan yang kedua adalah gendang telinganya sudah sobek ya. Jadi  fungsi pendengarannya sudah turun. Atau yang ketiga adalah memang fungsi pendengarannya sudah mulai turun atau tuli gitu,” sambungnya.

Kris pun meminta para orang tua bisa mengingatkan anaknya agar tidak mendengarkan suara keras dari sumber bunyi dengan terlalu dekat. Sebab, hal tersebut bisa membuat telinga rusak. (bin/hel)

dokter THTparade sound systemsuara kerasTelingaVideo viral