Selebriti

Selebgram Bro Jabro Meninggal, Benarkah karena Vape?

16
×

Selebgram Bro Jabro Meninggal, Benarkah karena Vape?

Sebarkan artikel ini

INDONESIAONLINE – Dunia kreator konten tanah air berduka. Selebgram sekaligus kreator konten  Dhanar Jabro Febriansah atau yang lebih dikenal dengan nama Bro Jabro meninggal dunia pada Senin (29/4/2024).

Kabar duka itu disampaikan oleh stand up comedian sekaligus teman Jabro, Dono Pradana. Melalui Instagram Story pribadinya, Dono mengunggah foto kenangan yang menampilkan kebersamaannya dengan Bro Jabro saat masih hidup.

Melalui caption yang ditulis dalam unggahannya, Dono menyampaikan kabar duka tersebut. Ia mengaku merasa sangat terkejut saat mendengar kabar Bro Jabro meninggal dunia. Dono juga tidak lupa berdoa untuk almarhum Bro Jabro.

“Innalillahi Jabs, kaget aku krungu kabar awakmu meninggal. Sepurane sing uwakeh yo awakdewe jarang ketemu, sing tenang yooo melipku @brojabrooo (Kaget aku mendengar kabar dirimu meninggal dunia. Maaf yang banyak ya, kita jarang bertemu, yang tenang ya melipku @brojabrooo),” tulis Dono Pradana dikutip Selasa (30/4/2024).

Salah seorang kerabat Jabro bernama Dani, menceritakan jika sakitnya Jabro sudah kronis sejak memasuki Lebaran 2024 atau pada Rabu (10/4/2024). Ia mengatakan jika Jabro sakit karena konsumsi vape yang berlebihan.

“Sakitnya karena nge-vape, bukan rokok, dan sudah berlebihan. Bahkan sampai satu paru-parunya tidak berfungsi lagi,” terangnya.

Jabro sempat dirawat di Rumah Sakit Islam (RSI) Aisyah Kota Malang. Tapi nyawanya tidak bisa diselamatkan dan dinyatakan meninggal dunia.

Malang trending X

Atas meninggalnya Jabro itu, kata Malang pun trending X pada Selasa (30/4/2024) pagi. Dalam cuitannya, warganet turut berduka dan merasa kehilangan atas meninggalnya Jabro.

Baca  Bak Malaikat, Raffi Ahmad Janji Lunasi Utang Marshanda Sebesar Rp 300 Juta

“Innalillahi, selamat jalan Brojabro sang peri jalanan,” Cuit @hanif****.

“innalillahi peri demo DPR,” Sahut @OH***.

“HAH??? Innalilahi ya Allah… sakit kah? Umur gak ada yg tau,” Cuit @daye****.

Profil Dhanar Jabro

Pria yang memiliki nama lengkap Dhanar Febiansah ini lahir di Malang pada 1998.

Selebgram yang juga dikenal dengan nama Brojabro ini mulai dikenal publik dengan konten-konten lucunya. Salah satunya saat Dhanar Jabro memakai sayap peri saat mengikuti demo di gedung DPRD Jawa Timur pada 2019.

Saat itu, Dhanar Jabro merupakan mahasiswa Universitas Dr Soetomo Surabaya. Ia dengan percaya diri melenggak-lenggok di tengah aksi para mahasiswa di gedung DPRD.

Dhanar Jabro juga pernah viral karena menarikan koreografi lagu ‘How You Like That’ milik idol grup Kpop, BLACKPINK dalam acara wisuda Universitas Dr Soetomo Surabaya pada September 2020 lalu. Ternyata aksi dance BLACKPINK itu atas permintaan sang rektor.

Dhanar Jabro pernah mengakui bahwa ia cinta terhadap seni tari. Ia juga tidak malu untuk menunjukkan kepiawaiannya di bidang seni tari. Bahkan, Dhanar juga pernah mengatakan sering kali mengikuti event dance.

Dhanar mengatakan hal itu saat menjadi pembicara dalam acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Dr Soetomo pada 2020 lalu.

Selain dikenal karena aksinya yang viral usai menarikan lagu BLACKPINK, Dhanar Jabro juga dikenal karena gaya berpakaiannya yang nyentrik. Ia juga selalu tampil dengan gaya rambut yang unik.

Baca  Ramai Mahalini dan Rizky Febian Segera Melangsungkan Nikah Beda Agama, Bolehkah?

Bahaya Vape bagi Kesehatan

Bahaya mengkonsumsi vape dijelaskan langsung oleh WHO (World Health Organization). Bahaya vape menurut WHO berasal dari kandungan nikotin dan zat beracun lainnya yang bisa berdampak bagi pengguna maupun non-pengguna vape.

Zat Kimia Berbahaya dalam Vape

1. Nikotin

Sama halnya dengan rokok, vape juga mengandung zat nikotin yang dapat menyebabkan penggunanya kecanduan. Apabila kebiasaan ini dihentikan, maka penggunanya bisa mengalami rasa gelisah, uring-uringan, hingga depresi. Di samping itu, konsumsi nikotin dalam waktu yang lama juga dapat memicu kerusakan paru-paru secara permanen serta meningkatkan risiko kanker paru-paru.

2. Propilen Glikol

Sebenarnya, propilen glikol bukan termasuk zat berbahaya. Bahkan, zat ini sering ditemukan dalam beberapa jenis makanan, seperti popcorn, salad, es krim, dan sebagainya. Namun, uap yang dihasilkan oleh zat tersebut dapat menyebabkan iritasi pada mata dan saluran pernapasan, sehingga kurang baik jika dikonsumsi oleh penderita asma.

3. Perisa

Vape memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan rokok yaitu rasa manis saat menghisapnya. Selain itu, uap yang dihembuskan oleh vape berbau harum, berbeda dengan asap rokok yang cenderung berbau tidak sedap. Namun, di balik daya tarik tersebut, terkandung lebih 75% zat perisa diasetil yang berpotensi menyebabkan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). (mut/hel)