INDONESIAONLINE – Ketum Solidaritas Merah Putih (Solmet) Silfester Matutina mengatakan relawan lebih menginginkan Presiden Joko Widodo menjadi Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ketimbang memimpin partai politik.

“Pak Jokowi itu sudah diakui dunia. Jadi daripada memimpin partai politik, kami ingin beliau jadi Sekjen PBB. Kalau partai serahkan saja kepada orang-orang muda,” ucapnya.

Silfester juga berpendapat bahwa Jokowi akan menolak tawaran partai politik yang meminangnya setelah lengser sebagai Presiden.

“Beliau pernah cerita ingin kembali ke Solo dan momong cucu,” ujarnya.

Silfester juga mengatakan bahwa Jokowi membantah isu mengenai pengambilalihan Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) dan Partai Golkar, yang menurutnya diembuskan oleh pihak yang ingin mendiskreditkan Jokowi.

Baca Juga  Stok Minyak Goreng Minim, DPRD Lamongan Desak Pemerintah Segera Operasi Pasar

Silfester menilai bahwa jika Jokowi menerima pinangan partai untuk bergabung, akan merendahkan kenegarawanan Jokowi. Dia mendorong Jokowi untuk maju menjadi Sekjen PBB, alih-alih menjadi ketum partai politik.

Sebelumnya, Ketum Projo Budi Arie Setiadi menganggap wajar ketika PAN dan Partai Golkar siap menerima Jokowi seandainya sudah tidak diterima PDIP. Budi Arie juga menyebut Jokowi terlalu muda untuk pensiun setelah menjadi presiden.

Budi Arie mengatakan bahwa kepemimpinan Jokowi selama 10 tahun juga dicintai oleh rakyat, dan wajar ketika partai-partai pun ingin meminang Jokowi.