JATIMTIMES Viral di media sosial YouTube seorang pemilik akun bernama Bang Rey Lampung makan sesajen yang berada di Pantai Laut Selatan.

Fenomena tentang sesajen memang sedang menjadi pembicaraan banyak orang dalam beberapa bulan ini. Salah satunya peristiwa viral di Lumajang, Jawa Timur, dengan aksi menendang sesajen.

Kali ini, YouTuber Bang Rey Lampung membuat suatu video yang isi kontennya memakan sesajen yang ditaruh di pinggir Pantai Laut Selatan.

Video tersebut dibuat sebulan yang lalu atau tepatnya menjelang akhir tahun 2021. Bang Rey Lampung bersama tim kamera menyisir Pantai Laut Selatan untuk mencari sesajen.

“Kawan-kawan semua, kita saat ini sedang berada di tepian pantai Laut Selatan, biasanya sore begini menjelang malam tahun baru banyak sesajen. Jadi banyak sesajen untuk orang-orang yang percaya Nyi Roro Kidul lah katanya,” kata Bang Rey Lampung memulai videonya.

“Di sini banyak yang mempercayai ada keberadaan Nyi Roro Kidul. Ya sudah kita telusuri pantai ini siapa tahu kita temui Nyi Roro Kidul,” lanjutnya.

Tak lama berjalan menyisir pantai, Bang Rey Lampung bersama timnya menemukan satu sesajen lengkap bersama lukisan foto yang disebut Nyi Roro Kidul. Sesajen tersebut berisi beberapa buah-buahan, ayam goreng, rokok, bunga, kendi berisi air, kelapa muda hingga keris yang ditaruh nampan yang terbuat dari bambu.

“Kita ini beruntung, sore menjelang malam belum makan ketemu sesajen. Ada sesajen, saya tidak tahu ini maksudnya apa, pada malam tahun baru ada sesajen. Mau dimakan atau mau gimana,” kata Bang Rey Lampung.

Saat menemukan sesajen itu, Bang Rey Lampung mengulas beberapa bahan yang ada di sesajen itu. Tetapi tiba-tiba lukisan foto tersebut terjatuh beberapa kali. Dan saat itu Bang Rey Lampung mengatakan dengan sedikit bercanda bahwa Nyi Roro Kidul marah. “Ini ngamuk yah,” ucapnya sembari mengembalikan lukisan foto ke posisi semula.

Baca Juga  Miss Glamour Look International Siap Ramaikan Pesta UMKM 2023

Bang Rey Lampung pun menyebut orang yang menaruh sesajen itu adalah pemuja Nyi Roro Kidul. Tapi ia pun mengaku tidak tahu maksud dibalik sesajen tersebut.

“Ini pemuja Nyi Roro Kidul paling yah. Gatau minta supaya gak ada tsunami atau apa kita gatau ya ini. Ini kalau kata orang Jawa gatau ini sesajen atau apa yah, sesajen paling yah,” kata Bang Rey Lampung.

Tak lama kemudian Bang Rey Lampung langsung mengambil pisang dan memakannya. “Lumayan lah ini kita makan yah, coba kita makan, lumayan kita belum makan, bismillah. Enak pisangnya manis (sembari tertawa),” ungkap Bang Rey Lampung.

“Dari pada dikasihkan ke laut kan mending kita makan, begini-beginian. Tadi ada laporan dari warga katanya kalau malam tahun baru banyak sesajen di pinggir laut begini. Makanya saya makan begini, gatau untuk Nyi Roro Kidul atau untuk siapa ini,” imbuh Bang Rey Lampung.

Tak hanya makan sendiri, Bang Rey Lampung juga menawari kameramen. Tapi kameramen sempat khawatir dan menanyakan apakah makanan itu aman. Bang Rey Lampung pun meyakinkan kameramen kalau makanan tersebut aman untuk dikonsumsi.

“Kalau ada sesajen begini untuk Nyi Roro Kidul jangan dimakan katanya, tapi ngapain lah, kita udah bismilah ya. Gak mungkin Roro Kidul makan beginian, ini makanan kita,” kata Bang Rey Lampung.

Baca Juga  Anak Menkumham Dilaporkan ke KPK Terkait Dugaan Monopoli Bisnis Lapas

Pada pertengahan video, Bang Rey Lampung berpesan agar meminta sesuatu hanya kepada Allah. “Ya kalau kita pengen sesuatu itu kita minta sama Allah, jangan minta ke Nyi Roro Kidul. Lumayan kan ini ada segala macam, di tempat kita di Lampung kan gak ada kayak gini,” kata dia.

Lanjut Bang Rey Lampung, ia menjelaskan bahwa bukan tidak menghargai Nyi Roro Kidul, tapi ia menghargai lukisan foto yang disebut karya orang yang memiliki nilai jual.

“Saya bukannya tidak menghargai Nyi Roro Kidul ya, saya menghargai. Tapi yang saya hargai lukisan ini karena lukisan ini memiliki nilai seni, nilai jual, jadi kita hargai lukisannya, ini kalau saya pribadi,” tutur Bang Rey Lampung.

“Karena yang di dalam belum tentu orangnya, makanya yang saya hargai itu lukisannya yang memiliki nilai jual,” lanjut dia.

Selanjutnya, Bang Rey Lampung berjalan sembari membawa jeruk dan anggur. Di situ ia mengulurkan tangan ke arah laut dan meyakinkan diri tidak terjadi apa-apa usai memakan sesajen tersebut.

“Insya Allah tidak akan terjadi apa-apa. Apalagi banyak yang meramal akan tsunami, ndak bakal tsunami tahun depan Insya Allah,” teriak Bang Rey Lampung sembari mengulurkan tangan yang memegang anggur ke arah laut.

Hingga berita ini ditulis, video tersebut sudah ditonton sebanyak 129 ribu kali. Dan dilihat dari akun YouTube Bang Rey Lampung, banyak konten video yang fokusnya mengarah ke Nyi Roro Kidul dengan latar belakang tempat tetap di Laut Pantai Selatan.



Hendra Saputra